Dampak Handphone dalam Pembelajaran bagi Anak di Les Nurul Ilmi Sempur
DOI:
https://doi.org/10.35335/kampret.v1i4.80Keywords:
Gadget, Orangtua, AnakAbstract
Gadget atau Handphone merupakan salah satu alat komunikasi yang canggih pada zaman modern ini. Alat ini biasa digunakan oleh semua kalangan, baik orang tua, anak kecil, remaja dan lainnya. Sekarang ini peran gadget sangat penting untuk kehidupan sehari-hari manusia, karena gadget mempunyai banyak manfaatnya dan tidak hanya itu gadget juga mempunyai dampak negatifnya. Dalam Pendidikan, biasanya gadget sering digunakan oleh anak sekolah, terutama pada pasca covid-19 peran gadget ini penting sekali untuk melakukan sekolah daring. Membicarakan penggunaan gadget, seharusnya orang tua harus bisa mengetahui dampak dari gadget bagi anaknya serta harus bisa membatasi waktu dalam pemakaian untuk anaknya itu sendiri. Tujuan dari penilitian ini yaitu untuk mengetahui dampak positif maupun negatif dari penggunaan gadget dan mengetahui bagaimana peran orang tua dalam mendidik anak mengenai perihal pemakaian gadget terhadap anaknya. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan penelitian survei kepada anak les Nurul Ilmi yang bertempat di kampung Sempur dan dengan cara mencari dan menelaah buku-buku yang berkaitan dengan judul ataupun tema yang telah ditentukan.
References
Berthelon, M., Contreras, D., Kruger, D., & Palma, M. I. (2020). Harsh parenting during early childhood and child development. Economics and Human Biology, 36, 1–14. https://doi.org/10.1016/j.ehb.2019.100831
Gempur Santoso. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Prestasi Pustaka.
Imam Tabroni, Diaz Budiarti, & Rini Purnama Sari. (2022). Analysis of Online Learning and Student’s Level of Understanding in Islamic Education Subjects . SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1 SE-Articles), 23–29. https://journal.literasisains.id/index.php/sosmaniora/article/view/191
Imam Tabroni, Husniyah, H., Sapitri, L., & Azzahra, Y. (2022). Impact of Technological Advancements on The Establishment of Characteristics of Children. East Asian Journal of Multidisciplinary Research, 1(1 SE-Articles), 27–32. https://doi.org/10.54259/eajmr.v1i1.453
Monette, D. R., Sullivan, T. J., & DeJong, C. R. (2013). Applied Social Research: A Tool for the Human Services. Cengage Learning.
Muh Sain Hanafy. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.
Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM Abstrak Kata Kunci : Peran Orang Tua , Pendidikan Karakter , Pandemi Covid-19 , PENDAHULUAN Keberhasilan pendidikan formal yang ditempuh seorang anak tida. Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.
Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.
Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02
Thobroni, M. (2016). Belajar & Pembelajaran Teori dan Praktik. Ar-Ruzz Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Hikmah Nur F, Imam Tabroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
 
						

