Pembinaan Akhlak dalam Pendidikan Agama Islam melalui Mengaji,Berkreasi,Produktif di Desa Jomin Barat Karawang

Authors

  • Dean Dwi Putra STAI DR. KHEZ. Muttaqien
  • Imam Tabroni STAI DR. KHEZ. Muttaqien

DOI:

https://doi.org/10.35335/kampret.v1i4.78

Keywords:

Pembinaan akhlak, Remaja, Mengaji

Abstract

Pendidikan merupakan suatu pondasi yang dapat mencegah seseorang Melakukan perbuatan yang tidak baik, terlebih lagi Pendidikan Agama Islam. Pembinaan Akhlak yang baik bagi anak semakin terasa diperlukan terutama pada saat manusia di zaman modern ini dihadapkan pada masalah moral dan akhlak yang cukup serius, yang kalau dibiarkan akan menghancurkan masa depan bangsa. Sementara itu pembinaan Akhlak melalui Berkreasi,produktif di Desa Jomin Barat ini yaitu mengadakan wadah ikatan remaja masjid di berbagai tempat, yang mana IRMA tersebut untuk menampung minat dan bakat para generasi pemuda contohnya seperti MTQ,TAHFIZ,Seni Hadroh,Seni Qosidah,Seni Marawis dan lainnya. Sehingga dapat menghasilkan produktivitas di Desa Jomin Barat tersebut dalam pembinaan Akhlak Pendidikan Agama Islan melalui Mengaji,Berkreasi,produktif. Generasi muda ( remaja ) merupakan generasi penerus yang akan melanjutkan estafet perjuangan bangsa. Oleh karena itu, masa depan maju mundurnya suatu bangsa berada di tangan generasi muda. Dengan kata lain, apabila generasi mudanya baik, maka suatu negara akan maju dan berkembang, dan sebaliknya, jika generasi mudanya buruk, maka negarapun akan mundur bahkan hancur . Masa remaja ( generasi muda ) adalah masa peralihan dari kanak-kanak menuju dewasa, dimana di dalam dunia mereka sedang di rundung oleh rasa ego yang amat tinggi yang amat membutuhkan arahan dan bimbingan.

References

Daradjat, Z. (1995). Metode Khusus Pengajaran Agama Islam. Bumi Aksara.

Gunawan, H. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Alfabeta.

Hasan, M. (2002). Membangun Kreativitas Anak Secara Islam. Bintang Cemerlang.

Maolani, L. (2003). Pembinaan Moral Remaja Sebagai Sumberdaya Manusia di Lingkungan Masyarakat. PPS UPI.

Muh Sain Hanafy. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan, 17(1), 66–79.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional 2003. Sinar Grafika.

Phelan, D. J. (2016). Unrelenting Change, Innovation, and Risk: Forging the Next Generation of Community Colleges. Rowman & Littlefield Publishers.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (16th ed.). CV Alfabeta.

Sunarti, E. (2012). Pengaruh Perubahan Sosial terhadap Keluarga. Jurnal Sosial Individu, Keluarga, Dan Masyarakat, 1.

Tabroni, I. (n.d.). THE URGENCE OF CHARACTERISTICS DEVELOPMENT IN EARLY CHILDREN{’}S EDUCATION.

Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.

Tabroni, I. (2022). BUILDING CHARACTER THROUGH THE TAHFIDZ PROGRAM IN SD IT AR-RAHMAN. JURRAFI: Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat.

Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02

Downloads

Published

2022-09-30