Relevansi pendidikan agama islam dalam membangun karakter bangsa di era digital
Keywords:
Pembangunan Karakter, Pendidikan Agama Islam, Era DigitalAbstract
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu komponen utama dalam pembentukan karakter dan kepribadian bangsa. Di era digital ini dimana komunikasi yang asalnya partikular menjadi universal, pendidikan agama Islam harus dapat menjadi ruh yang mengarahkan teknologi agar senantiasa bermanfaat dalam kehidupan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara mengintegrasikan pendidikan agama Islam dengan sains dan teknologi yang dapat meningkatkan pembentukan karakter bangsa. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan tentang kondisi pembelajaran pendidikan agama Islam pada saat ini, serta kaitannya dengan pembangunan karakter bangsa. Hasil dari penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam tidak boleh bersifat monolitik namun harus integratif dengan mata pelajaran non agama serta sains dan teknologi agar generasi muda saat ini mau dan tertarik untuk mempelajari ilmu agama dengan baik dan juga pendidikan agama Islam dapat pula menjadi nilai yang mewarnai setiap keahlian dan profesi warga Negara Indonesia, sehingga dengan demikian akhlak dan juga karakter bangsa akan terbangun dengan sangat baik sesuai dengan yang dicontohkan oleh baginda Nabi Muhammad Saw dan yang dicita-citakan oleh undang-undang Negara.
References
Abuddin Nata. (2009). Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran. Kencana.
Ahmad, R., & Choli, I. (2019). THE RELEVANCE OF INTEGRATED ISLAMIC EDUCATION IN BUILDING NATION CHARACTERS IN THE DIGITAL 4.0 ER. Spektra: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 1(1), 45–58.
Amalia, S., & Dasalinda, D. (2022). Penggunaan Gadget Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Remaja di SMP 9 Jakarta. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 13144–13150.
Aminullah, A. M., Ismaya, I., Syahdan, S., Ridwan, M. M., Jamaluddin, N., Elihami, E., & Musdalifah, M. (2021). Pengembangan Koleksi Digital dalam Membangun Perpustakaan Digital di Perpustakaan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 58–68.
Choli, I. (2019). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal UIA Tahdzi.
Chotimah, K. N. (2020). Pengembangan Kurikulum Pondok Pesantren. INOVATIF: Jurnal Penelitian Pendidikan, Agama, Dan Kebudayaan, 6(1), 45–68.
Diaz, A. D. (2022). IMPLEMENTASI METODE PENUGASAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI DI SMA MUHAMMADIYAH 8 CIPUTAT. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAKARTA.
Hani, N. M. (2018). INOVASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH. INTERNATIONAL SEMINAR ON ISLAMIC EDUCATION.
Ilham Kamaruddin, Imam Tabroni, M. A. (2022). Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3).
Jabar, A. (2021). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN AKHLAK PADA PESERTA DIDIK. Tanzhimuna, 1(1), 54–64.
Jayusman, I., & Shavab, O. A. K. (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).
Joyoatmojo. (2011). Pembelajaran Efektif : Pembelajaran Yang Membelajarkan. UNS Press.
Lickona, T. (2013). Educating For Character Mendidik untuk Membentuk Karakter Bagaimana Sekolah Dapat Mengajarkan Sikap Hormat dan Tanggung Jawab Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. Bumi Aksara.
Lickona, T., & Ryan, K. (1979). Character Development in School and Beyond. Cardinal.
Lubis, S. M. (2021). Problematika Pendidikan Agama Islam anak generasi alfa dalam keluarga di Kampung Jawa Kelurahan Wek IV Kecamatan Padangsidimpuan Utara. IAIN Padangsidimpuan.
Nahdi, M. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di luar jam pelajaran sebagai Laboratorium Sosial dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMK Dinamika Arjawinangun Tahun Pelajaran 2018-2019 sd 2019-2020. IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
Rifa’i, A., & Choli, I. (2020). RELEVANSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERINTEGRASI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA DI ERA DIGITAL 4.0. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 59–76.
Rivai, Z. A. (2020). Islam Gak Liberal. Gema Insani.
Rusn, A. I. (1998). Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. Student Library.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suryaningsih, Y., & Aripin, I. (2020). Ecopreneurship dalam Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2, 911–922.
Suwito. (2004). Filsafat Pendidikan Akhlak Ibn Miskawaih.
Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.
Tabroni, I., Lestari, E. S., & SM, H. H. (2022). Efforts To Increase Students{textquotesingle} Learning Motivation In Al-Qur{textquotesingle}an Hadith Lessons About The History Of The Decline And Writing Of The Qur{textquotesingle}an With {CBSA}. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(2), 795–804. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i2.440
Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02
YUSLAINI, Y. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA: DALAM KONTEKS PENDIDIKAN ISLAM. UIN Raden Intan Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sania Rahmania, Imam Tabroni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.