Perbandingan kegiatan belajar daring dengan luring dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah dasar Islam Terpadu Kharisma Darussalam
Keywords:
Belajar Daring, Belajar Luring, Media PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh media kegiatan pembelajaran pada jenjang Sekolah Dasar secara daring dan luring yang dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian mengg unakan teknik penelitian kualitatif eksploratif dengan melalui pendekatan yang digunakan dengan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas sosial, sikap, kepercayaan dan pemikiran orang sekitar. Sehingga diaadakan penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena dengan sedalam dalamnnya melalui pengumpulan data sedalam-dalamnya. Penelitian ini juga bertujuan untuk menggamparkan, mengungkapkan dan menjelaskan perbandingan kegiatan pembelajaran daring dan luring Pendidikan Agama Islam bagi siswa sekolah dasar.
References
Aditia, O. (2020). Penerapan Media Google Classroom di Era Pandemi Covid 19 pada Pembelajaran PAI. Equivalent Jurnal Ilmiah Sosial Teknologi, 2(1), 17–36.
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru Dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. Adiba: Journal of Education, 2(1), 64–73.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.
Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., Sudarso, A., Leuwol, N. V., Apriza, A., & Sahabuddin, A. A. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.
Hamidi, A. (2020). Workshop Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 di Prodi IKOR. Jurnal Maenpo: Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 10(2), 109–118.
Hariani, K. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Lansia Di Desa Tanak Tepong Utara Wilayah Kerja Puskesmas Sedau. PrimA: Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 5(1).
Jumarti, J., Ati, N. U., & Sekarsari, R. W. (2022). Pengelolaan Alokasi Dana Desa Dalam Mewujudkan Good Governance Di Desa Waduruka, Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Respon Publik, 16(7), 21–25.
Lubis, W. (2020). Analisis efektivitas belajar pada pembelajaran jarak jauh (pjj) di masa pandemi covid-19. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 132–141.
Lutfi, A. M., Arianto, A., Arnyanty, H. S., Indriyani, R., Hidayatullah, F., Tari, Y., Andriani, R., Prasetia, R. D., Ihsan, M., & Annisa, N. (2020). Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. IAIN Parepare Nusantara Press.
Maesaroh, N. S., Tabroni, I., & Syaprudin, D. (3 C.E.). The Influence of Google Classroom Learning Media on Student Learning Motivation During Covid-19 (Study of Students of SMK Negeri 2 Purwakarta PAI Subjects). Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1, 35–56.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. Metode Penelitian Sosial, 33.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. 2(1), 1–12.
Panambaian, T. (2020). Penerapan Program Pengajaran dengan Model Blended Learning pada Sekolah Dasar di Kota Rantau. Journal Analytica Islamica, 9(1), 52–68.
Prasetyo, T., & Zulela, M. S. (2021). Proses pembelajaran daring guru menggunakan aplikasi Whatsapp selama pandemik Covid-19. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 138–150.
Rahmawati, R., Putri, R. D., Nurdin, N., Triaristina, A., Rachmedita, V., & Wira, A. (2022). Efektifitas Implementasi Video Conference Sebagai Media Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 10(3), 33–38.
Ramadhani, R., Masrul, M., Nofriansyah, D., Abi Hamid, M., Sudarsana, I. K., Sahri, S., Simarmata, J., Safitri, M., & Suhelayanti, S. (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D) (16th ed.). CV Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Sutini, S., Mushofan, M., Ilmia, A., Yanti, A. D., Rizky, A. N., & Lailiyah, S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring dengan Menggunakan E-learning Madrasah Terhadap Optimalisasi Pemahaman Matematika Siswa. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(2), 124–136. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.2.124-136
Suwarto, S., Rohmatin, N., & Yamsih, S. (2021). Analisis keefektifan pembelajaran online di masa pandemi pada siswa kelas X MIPA 6 SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 7(1), 38–46.
Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.
Tabroni, I., & Irma Mawaddah Nur. (2022). Increasing Students’ Learning Motivation in the Middle of the Covid-19 Pandemic. East Asian Journal of Multidisciplinary Research , 1(2 SE-Articles), 221–226.
Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02
Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas BermainDalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1).
Yudeansyah, N. (2021). PERANAN PROFESIONALITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMPERTAHANKAN NILAI RELIGIUSITAS SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Pada SMA Negeri 5 Bengkulu Selatan). UIN Fatmawati Sukarno.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dam Penelitian Gabungan. Kencana.
Zainul, F. (2019). Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan. UB Press.
Zulfitria, Z., Ansharullah, A., & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Rifdah Fadilatul M, Imam Tabroni, Rini Purnama Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

