KOMUNIKASI KELUARGA DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN ORANGTUA TERHADAP ANAK
Kata Kunci:
komunikasi, Interpersonal Communicatin, Parent-Child Communication, TrustAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana orangtua memberikan kepercayaannya pada diri anak. Interaksi menjadi peran yang sangatlah penting bagi kehidupan anak, karena langsung atau pertama yang di alami oleh anak yakni dengan orang tua. Oleh karena itu, pentingnya semenjak dini ditanamkan komunikasi sebanding dengan pentingnya membangun rasa keprcayaan pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan yakni dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dari 3 partisipan diperoleh orangtua yang menggunakan pola otoriter, orang tua menerapkan pola demokratis, dan orang tua juga menerapkan pola yang permisif. Kepercayaan terjalin melalui komunikasi yang efektif memungkinkan anak merasa aman, dihargai, dipercaya dan didukung dalam tumbuh kembangnya. Pendengaran aktif, kejujuran, serta komunikasi non-verbal yang positif adalah elemen utama yang mendasari terciptanya ikatan kepercayaan antara keduanya.
Referensi
Andayani, B., & Afiatin, T. (n.d.). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri Remaja. Jurnal Psikologi.
Asiyani, G., Asiah, S. N., & Rina Hatuwe, O. S. (2023). Pengaruh Hubungan Orangtua dan Anak dalam Pembentukan Karakter Anak. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(2). https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i2.20915
Badawi, B. (2023). Pola Asuh Orang Tua. https://www.researchgate.net/publication/383122003
Intan Emeilia, R., & Muntazah, A. (2021). Hambatan Komunikasi dalam Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal AKRAB JUARA, 2.
Irianto, A., Aimon, H., Nirwana, H., Tri, A., Universitas, P., Padang, N., Prof, J., Air, H., Padang, T., & Korespondensi, S. B. (2018). Komunikasi Interpersonal antara Orang Tua dan Anak Remaja serta Identitas Diri Remaja: Studi di Bina Keluarga Remaja Parupuk Tabing, Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat (Vol. 26).
Isminadzila, S., Iskandari, H. O., Kusumaningrum, Y., & Innayatul ’aini, A. (2022). Analisis Komunikasi Interpersonal Pada Keluarga Pasca Perceraian Orang Tua dalam Upaya Pembentukan Karakter Anak. In Analisis Komunikasi Interpersonal Pada Keluarga… (Vol. 1).
Kurniati, E., Nur Alfaeni, D. K., & Andriani, F. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.541
Lufipah, H., Pamungkas, B., Pasha Haikal, M., Putri Siregar, T., & Ira Pingga, P. (2022). Komunikasi Interpersonal Antar Orang Tua Dan Anak Terhadap Karakter Anak. KAMPRET Journal, 2, 31.
Makarim, C., Hajiah Siregar, S., & Mulyadi Kosim, A. (2022). Hubungan Komunikasi Interpersonal Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah. In Attadib: Journal of Elementary Education (Vol. 6, Issue 1). https://www.jurnalfai-uikabogor.org/attadib
Marlene Cicilia Noach, Y., Maharani Clarhend Noach, G., Victoranto Amseke, F., & Agama Kristen Negeri Kupang, I. (2021). Pola Komunikasi Orang Tua Terhadap Anak Autis Di Kelurahan Oebufu Universitas Nusa Cendana Kupang 2. In Ra’ah Journal of Pasoral Counseling Available Online at (Vol. 1, Issue 2). http://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/rah
Nidyansari, D. A. (2018). Ketidakharmonisan Komunikasi Dalam Keluarga Pada Pembentukan Pribadi Anak (Pendekatan Humanistik). Agustus.
Oxianus Sabarua, J., & Mornene, I. (2020). LOGO Jurnal Komunikasi Keluarga dalam Membentuk Karakter Anak. International Journal of Elementary Education, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE
Rahmah, S. (2018). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Kepribadian Anak (Vol. 17, Issue 33).
Rahmawati, & Gazali, M. (2018). Pola Komunikasi Dalam Keluarga. 11(2).
Ritonga, I., Yazid, M., Komunikasi, L. M., Islam, P., Dakwah, F., & Komunikasi, D. (2024). Pola Komunikasi Keluarga dalam Pembentukan Karakter Anak. Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i11.3883
Roro, R., Fabiani, M., & Krisnani, H. (2020). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membangun Kepercayaan Anak Diri Seorang Anak Dari Usia Dini.
Rustina. (2022). Keluarga Dalam Kajian Sosiologi. Musawa, 2.
Sari, A. N. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua Terhadap Anak dalam Membentuk Kepribadian Anak di Usia Dini Pada Kelompok Bermain AT Biyyan. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3839
Sihabbudin, N. K., & Nahuway, J. (2022). Pola Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak Pada Keluarga Broken Home di Kelurahan Waihaong. In Jurnal Ilmu Komunikasi (Vol. 01, Issue 02).
Sukarno, B. (n.d.). Pentingnya Komunikasi Keluarga Dalam Perkembangan Anak. www.academia.edu.
Triyono. (2020). Kontribusi Sikap Orang Tua terhadap Kemandirian Anak. ENLIGHTEN (Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam), 3(1). https://doi.org/10.32505/enlighten.v3i1.1569
Vera Ariyanti, S., Prasetiyawati, D. D., & Khasanah, I. (n.d.). Analisis Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Membangun SIkap Percaya Diri Anak Usia 3-4 Tahun.
Yulianti, Tri Astuti, M., & Triayunda, L. (2023). Komunikasi Keluarga Sebagai Sarana Keharmonisan Keluarga. Journal Of Social Science Research, 3(2).
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Indah Sri Gustiani, Mega Rahma Adelia, Syaira Septianisa Ramdhan, Humada Nanda Maspupah, Rama Wijaya Abdul Rozak

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

