Pengaruh religiusitas, citra sekolah, dan program unggulan terhadap keputusan orang tua memilih madrasah ibitdaiyah (mi) untuk anaknya
Keywords:
Citra Sekolah, Keputusan Memilih, Program Unggulan, ReligiusitasAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Religiusitas, Citra Sekolah, Dan Program Unggulan Tehadap Keputusan Orang Tua Memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kahasri Kota Probolinggo Untuk Anaknya baik secara simultan, parsial, dan dominan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis asosiatif kasual, dengan variabel bebas yang digunakan adalah Religiusitas, Citra Sekolah, dan Program unggulan. Sedangkan variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Keputusan Memilih. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 52 wali murid dari jumlah populasi 104 orang tua yang mendaftarkan anaknya di MI Kahasri Kota Probolinggo pada tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas, citra sekolah, dan program unggulan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih
Downloads
References
Ahidin, U. (2020). Pengaruh Citra Sekolah Dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Siswa Untuk Melanjutkan Pendidikan Ke SMK. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7, 181–190. Retrieved from https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi/article/view/1138
Aischa, R. (2010). Memilih Sekolah untuk Anak. Jakarta Timur: Inti Medina.
Baharuddin, J. (2021). Pengaruh Religiusitas dan Perilaku Terencana Terhadap Minat Menggunakan Cashless Pada Masyarakat Kota Jayapura Dimasa Covid-19. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7, 1306–1312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3353
Fauzi, A. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Sekolah Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Orang Tua Menyekolahkan Anaknya Di SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Manajemen Update, 7. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/ejmfe/article/view/28465/0
Haryanti, A. T., Suryani, N., & Rozi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Sekolah, Dan Emosional Terhadap Kepuasan Peserta Didik Kelas Xi Di Smk Taman Siswa Banjarnegara. Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang,
Herlambang, S. (2014). Basic Marketing (Dasar-dasar Pemasaran). Yogyakarta: Pustakabaru.
Isa, M., Lubis, H. A., & Lubis, I. S. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Rahmat Syariah Swalayan City Walk Padangsidimpuan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.123
Lestari, S. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Meliani, A., Kosim, A. M., & Hakiem, H. (2021). Pengaruh Religiusitas, Gaya Hidup, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Busana Muslim di Marketplace. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2, 174–186. https://doi.org/https://doi.org/10.47467/elmal.v2i3.535
Nadhifah, I. (2022). Pengaruh Lokasi dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah di Sekolah Menengah Atas Negeri Achmad Krisbiyanto 1. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 1(1), 20–31.
Rahmadani, S. (2020). Pengaruh Lokasi Dan Citra Sekolah Terhadap Keputusan Siswa Memilih Sekolah Di Smk Tritech Informatika Medan. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/41164/1/1.NIM 7161210039 COVER.pdf
Ramadhani, M. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan, Kualitas Layanan Website Shopee Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi Pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang). Proceeding Sendiu, 1(1), 978–979.
Sagita, D. D., Fauzi, D. M., Mori, J., & Tuasikal, S. (2021). Analisis Tingkat Religiusitas pada Mahasiswa yang Mengikuti Organisasi. PEDAGOGIKA, 12(Nomor 2), 201–216.
Samsudin. (2020). Motivasi Orangtua Memilih Sekolah Berbasis Agama Islam DI MTS MA’ARIF 11 Seputih Banyak Lampung Tengah.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Judi Suharsono, Mutinda Widayanto, Mufid Andrianata, Novan Fithrianto, Nur Ahmad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

