Optimalisasi Media Sosial melalui Pelatihan Terintegrasi untuk Peningkatan Efektivitas dan Literasi Dakwah Digital
Keywords:
Dakwah digital, Literasi digital, Media sosial, elatihan terintegras, PendampinganAbstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan mengembangkan Model Pelatihan Terintegrasi berbasis media sosial untuk meningkatkan efektivitas dan literasi dakwah digital. Sasaran kegiatan adalah 30 penyuluh agama Islam di bawah naungan Kementerian Agama Kabupaten Manggarai, Seksi Bimbingan Masyarakat Islam (BIMAIS), yang dilaksanakan di Kota Ruteng. Program memadukan pelatihan literasi digital, workshop pembuatan konten kreatif berbasis analisis audiens, serta pendampingan berkelanjutan secara luring dan daring. Materi pelatihan mencakup perancangan strategi konten, pengelolaan akun media sosial dakwah, dan pemanfaatan audience insight untuk pengembangan strategi dakwah. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta mengelola media sosial secara profesional, menghasilkan akun dakwah aktif, modul literasi dakwah digital, dan portofolio konten kreatif (video pendek, poster digital, artikel). Model ini terbukti efektif memperkuat dakwah digital yang inklusif, adaptif terhadap perkembangan teknologi, serta berkontribusi pada pencapaian SDGs 4 (pendidikan berkualitas), 10 (pengurangan kesenjangan), dan 16 (perdamaian dan keadilan).
References
Akbar, I. M., & Fahlevi, R. M. (2024). Cegah Penyebaran misinformasi di Media Sosial Menggunakan Peralatan dan Fitur Literasi Digital. Renata: Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua. https://doi.org/https://doi.org/10.61124/1.renata.2
Dzakirah, K., Dalimunte, M., & Purwaningtyas, F. (2024). The Social Media Literacy Skill of Library Science Students of UIN North Sumatra Medan. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan,. https://doi.org/https://doi.org/10.20473/pjil.v14i2.48553
Faridah, F., Melati Amir, R., Budin, H. B., Azhar, A., & Mawaddah, S. N. (2025). Strategi Dakwah di Media Sosial. Jurnal Kajian Komunikasi Dan Penyiaran Islam. https://doi.org/https://doi.org/10.47435/retorika.v7i1.3737
Fatiyatul Aula, Z., Wahyudin, A., & Sutisna, D. (2025). Interaksi Simboli Da’i dalam Membangun Citra Da’i Di Media Sosial. Tabligh: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/tabligh.v10i1.44740
Firdaus, M. M., & Kolil, M. T. (2023). OPTIMALISASI MEDIA SOSIAL GERAKAN PEMUDA (GP) ANSOR SEBAGAI STRATEGI DAKWAH PIMPINAN CABANG KOTA KEDIRI. SPEKTRA KOMUNIKA, 2(2), 115–129. https://doi.org/10.33752/.v2i2.4718
Hakim, F., & Dahri, H. (2025). Islam di Media Sosial sebagai Komodifikasi dan Implikasinya terhadap Pendidikan Islam. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/adrg.v5i1.1813
Irawan, D. (2025). Strategi Komunikasi Dakwah (Studi Analisis Dakwah Tradisonal dengan Inovasi Digital). Syi’ar: Jurnal Ilmu Komunikasi, Penyuluhan Dan Bimbingan Masyarakat Islam. https://doi.org/https://doi.org/10.37567/syiar.v8i1.3784
Judijanto, L., Nasar, I., Muhammadong, Khaerunnisa, & Amer, M. A. B. (2024). dismantling the notion of digital freedom in the contemporary era: analysing the islamic discourse on ethics, responsibility, and its dynamic influence on technological advancements. International Journal of Society Reviews. https://injoser.joln.org/index.php/123/article/view/35
Khoeron, Maftuhah, Tobroni, & Faridi. (2025). Tranformasi Kelembagaan Pesantren Tremas Adaptasi dan Inovasi di Era Digital. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction,. https://doi.org/https://doi.org/10.32616/pgr.v9.1.501.63-76
Khoirunnisa, A., & Roiehana Shofa, A. (2023). The Role of Social Media in Increasing the Relevation and Accessibility of Dakwah: Challenges and Strategies of Dakwah. Jurnal Kajian Manajemen Dakwah, 5(1), 2023. https://doi.org/https://doi.org/10.35905/jkmd.v5i1.5552
Lestari, R., & Fauzi, A. (2023). Etnografi Virtual terhadap Dakwah Husein Ja’far Al-Hadar di Media Sosial. Khulasah : Islamic Studies Journal. https://doi.org/https://doi.org/10.55656/kisj.v5i2.97
Mangifera, L., Humaira, L. L., & Marita, R. F. (2023). peningkatan Skill Branding social Media dalampengembangan dakwah yang Produktif. Abdi Psikonomi. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/psikonomi.vi.1790
Marlenda, & Bashori. (2025). Peran Literasi Digital dalam Dakwah Berbasis Al-Qur’an:Implementasi dan Tantangan di Media Sosial. Ukhwah - Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/jau.v4i1.5131
Misdiyanto, Handayani, I. D., Kartini, P. D., & Suhandi, Y. (2024). Menjaga Kewaspadaan Digital: Melawan Berita Hoaks dan Menyuarakan Kebijaksanaan di Media Sosial. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Aplikasi Teknologi. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.adipati.2024.v3i1.4761
Muh. Aswad, Abd. Rahim, Wahyuddin, Rahman Subha, & Khaerul Bahria. (2024). Penanaman Pemahaman Literasi Dakwah di Era Milenial Melalui Digital pada Mahasiswa KPI Universitas Muslim Indonesia. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS. https://doi.org/https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i4.1049
Mukhlis, F., Yusuf, Z., Fiadha, A. A., & Wachid, M. S. (2023). Pendampingan Literasi Digital dan Dakwah Media Sosial Pada LKSA Aisyiyah Kota Batu. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 6(2), 172. https://doi.org/10.31328/js.v6i2.4746
Mustika Wanda, E. (2024). Pengaruh Literasi Digital Pada Generasi Z Terhadap Pergaulan Sosial Di Era Kemajuan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi. Jurnal Sosial Dan Teknologi. https://doi.org/https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i12.1078
Nasution, N., Nasution, F., & Hasan, A. M. (2025). Pengembangan LdII News Network Di Pekanbaru Untuk Meningkatkan Konektivitas, Informasi Dan Komunikasi Yang Lebih Efektif. J-COSCIS : Journal of Computer Science Community Service. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/jcoscis.v5i1.22116
Nuhaa, S. U., Hamidah, N., Nasikhah, A. D., Almunawaroh, M., & Afandi, A. J. (2023). Pengembangan Dakwah Moderasi Beragama Melalui Media Podcast dan Media Sosial Berbasis Digital. NAJWA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/najwa.v1i2.217
Nurkholis, & M. Noor. (2025). Optimizing Da’wah in the Digital Era Through the Imam, Dai, and Khatib Certification Program in Bandar Lampung City. West Science Islamic Studies. https://doi.org/https://doi.org/10.58812/wsiss.v3i01.1629
Nurliana, & Aini, N. (2023). Menganalisis Literasi Media di Era Digital pada Mahasiswa IAIN Takengon. Al Manaj: Jurnal Manajemen Dakwah. https://doi.org/https://doi.org/10.56874/almanaj.v3i02.1492
Pratiwi, I. S. (2024). Peluang dan Tantangan Pusat Studi Dakwah Bagi Penyebaran Islam di Konteks Lokal: Studi Kasus pada Channel Youtube Pandara Muslim. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(2), 9. https://doi.org/10.47134/diksima.v1i2.33
Rakatiwi, Y., Halwati, U., & Nawawi, N. (2023). FYP Dakwah Digital Creator Milenial Melalui Tiktok di Era 5.0. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(3), 1583. https://doi.org/10.35931/aq.v17i3.2116
Rizaki, A. N., & Busro. (2025). Sentimen Netizen Pada Konten Dakwah Akun Instagram @Halimahalaydrus. Religious and Social Humanitis. https://doi.org/https://doi.org/10.15575/jash.v2i1.1295
Tika, A., & Mutrofin. (2023). Urgensi Peningkatan Kualitas Literasi Keislaman Melalui Digitalisasi (Studi Pada Followers Tiktok Da’i Muda Husain Basyaiban). Jurnal Dakwah Dan Komunikasi. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jdk.v8i1.7335
Zafri, N. D., Opir, H., & Yahaya, A. M. (2023). Dakwah Interaktif Terhadap Golongan Belia Melalui Media Sosial: Interactive Preaching Towards Youth Through Social Media. Rnal of Fatwa Management and Research,. https://doi.org/https://doi.org/10.33102/jfatwa.vol28no2.528
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Abdul Majir, Fransiskus Marianus Hawi, Ismail Nasar, Heronimus E.A. Wejang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

