Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Menyusun Karya Ilmiah bagi Siswa SMA Unggulan Al-Azhar Medan

Authors

  • Rizky Maulidya Afifa Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Ramadhanu Ginting Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Afrisawat Afrisawat Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Fristi Riandari Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Habibi Ramdani Safitri Politeknik Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v18i4.358

Keywords:

Artificial Intelligence, Karya Ilmiah, Pelatihan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memanfaatkan teknologi Kecerdasan Buatan (AI) dalam proses penyusunan karya ilmiah bagi para siswa di SMA Unggulan Al-Azhar Medan. Di era digital saat ini, kemampuan menulis karya ilmiah merupakan kompetensi yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa. Namun, banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam tahapan penyusunan, mulai dari pemilihan topik hingga penulisan dan pengeditan. Melalui pengabdian masyarakat khususnya dalam pelatihan pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) diperkenalkan alat berbasis AI dengan memperhatikan penggunaan prompt yang dapat membantu siswa SMA Unggulan Al-Azhar Medan dalam mengidentifikasi tema, menyusun kerangka, serta menghasilkan konten berkualitas. Metode yang diterapkan mencakup demonstrasi langsung, sesi tanya jawab, dan praktik mandiri. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman siswa tentang proses penulisan ilmiah, serta kemampuan  dalam memanfaatkan teknologi AI sebagai alat bantu. Pelatihan pemanfaatan AI diharapkan dapat mempercepat dan mempermudah proses pembelajaran, serta menghasilkan karya ilmiah yang lebih baik di kalangan siswa. Kegiatan ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan serta keterampilan menulis siswa di era digital dengan bimbingan guru di SMA Unggulan Al-Azhar Medan. Kegiatan ini juga dapat memberikan kontribusi jangka panjang pada pembentukan generasi siswa yang lebih adaptif, kreatif dan memiliki literasi yang tinggi di dalam teknologi serta dengan tetap menekankan aspek etika penggunaan AI, keaslian dengan pendampingan guru. Pelatihan ini diharapkan dapat mewujudkan budaya literasi digital yang positif di lingkungan sekolah, peningkatan kemampuan berpikir kritis serta terbentuknya generasi pelajar yang siap menghadapi tantangan akademik dan teknologi di masa depan

References

Adzan, G. E., & Azhar. (2024). Etika Penggunaan Artificial Intelligence dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Penelitian Inovatif (JUPIN), 4(4), 2297–2308. https://doi.org/https://doi.org/10.54082/jupin.874

Aljuaid, H. (2024). The Impact of Artificial Intelligence Tools on Academic Writing Instruction in Higher Education: A Systematic Review. Arab World English Journal (AWEJ), 26–55. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24093/awej/ChatGPT.2

Anggara, O. F., Nurchayati, & Puspitadewi, N. W. S. (2021). PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMAN 1 KRAKSAAN. TRANSFORMASI DAN INOVASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 53–57.

Arisanti, I., Rasmita, Kasim, M., Mardikawati, B., & Murthada. (2024). Peran Aplikasi Artificial Intelligences Ai Dalam Mengembangkan Dan Meningkatkan Kompetensi Profesional Dan Kreatifitas Pendidik Di Era Cybernetics 4.0. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(1), 5195–5205. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v4i1.8455

Budiharto, S., Wardani, A. F., Imanulyaqin, M. N., Wahyuni, F. S., & Fitriana, D. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE BERBANTU CHAT GPT DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH DI MAN 1 PONTIANAK. DIGULIS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 17–24. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/djpkm.v2i4.88943

Chukwuere, J. E. (2024). Today ’ s Academic Research : The Role of ChatGPT Writing. Journal of Information Systems and Informatics, 6(1), 30–46. https://doi.org/10.51519/journalisi.v6i1.639

Gupta, B. P. (2024). Can Artificial Intelligence Only be a Helper Writer for Science? Science Insights, 44(1), 1221–1227. https://doi.org/https://doi.org/10.15354/si.24.re872

Huang, J., & Tan, M. (2023). The role of ChatGPT in scientific communication : writing better scientific review articles. American Journal of Cancer Research, 13(4), 1148–1154.

Ismillayli, N., Hermanto, D., Honiar, R., Andayani, I. G. A. S., Zuryati, U. K., & Mariana, B. (2020). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI I SELONG KABUPATEN LOMBOK TIMUR NTB. Prosiding PEPADU, 2, 2–3.

K, A. C., Yetti, E., & Hartati, S. (2020). Metode Pelatihan dan Persistensi Berpengaruh terhadap Kompetensi Pedagogik Guru PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 635–651. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.440

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N. I., Hernawati, & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. TEMATIK, 10(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.38204/tematik.v10i1.1291

Nazari, N., Shabbir, M. S., & Setiawan, R. (2021). Application of Artificial Intelligence powered digital writing assistant in higher education : randomized controlled trial. Heliyon, 7(5), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07014

Patty, J., & Que, S. R. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence ( AI ) dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Communnity Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9318–9322. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20437

Priyanto, R. (2024). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Siswa Kelas XI Program Kelas Unggulan Jalur Khusus MAN Purbalingga. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(4), 1094–1100.

Rabbianty, E. N., Azizah, S., & Virdyna, N. K. (2023). AI in academic writing : Assessing current usage and future implications. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 28(1), 14–35. https://doi.org/10.24090/insania.v28i1a.9278

Rahman, R., Risqy, & Haliq, A. (2025). Integrasi AI dalam Penulisan Karya Ilmiah dan Dampaknya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 368–380.

Ridho, M., Jaya, A., Hermansyah, Chantavhong, S., & Rattanakosin, N. (2025). ANALYZING THE USE OF ARTIFICIAL INTELLIGENCE ( AI ) IN WRITING ACADEMIC PAPERS OF STUDENT AT UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. ESTEEM : Journal of English Study Programme, 8(2), 180–191.

Saepuloh, D., & Subandriyo, J. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Karya Ilmiah : Peluang , Tantangan , dan Implikasi Etis : Utilization of Artificial Intelligence in Scientific Writing: Opportunities, Challenges, and Ethical Implications. Publishing Letters, 2(1), 11–14. https://doi.org/https://doi.org/10.48078/publetters.v2i1.46

Sahudra, T. M., Fadlia, & Firdaus, C. R. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 29(2), 97–102. https://doi.org/10.35134/jmi.v29i2.121

Siagian, A. N., Utami, C., Febriani, P., Munte, Z. T. R., & Daulay, M. A. J. (2025). Optimalisasi Pemanfaatan AI dalam Menyusun Artikel Ilmiah untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 9180–9192.

Side, S., Putri, S. E., Zubair, S., & Ilyas, N. M. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence (AI) dalam Penulisan Artikel Ilmiah Pada Guru SMAN 11 Kabupaten Pangkep. SMART: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 58–65. https://doi.org/10.35580/smart.v4i1.61392

Supriyono, A. Y., Rumalean, I., Triyana, E., Kurniawan, S. A., & Juwanda. (2025). PEMANFAATAN AI ( ARTIFICIAL INTELLIGENCE ) DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI MAHASISWA. Gaba-Gaba: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Dalam Bidang Bahasa Dan Seni, 5(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.30598/gabagabavol5iss1pp1-9

Syarifuddin. (2021). Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah. Syarifuddin, 1(1), 49–55. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1.21

Utami, N. P. P., Putra, I. K. . S., & Antara, I. M. P. S. (2024). PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DAN RAGAM RESEARCH TOOLS DALAM KELAS LITERASI INFORMASI PENULISAN KARYA ILMIAH PADA PEMUSTAKA PERPUSTAKAAN UNDIKSHA. Media Sains Informasi Dan Perpustakaan, 4(2), 12–24.

Wulandari, F., Astuti, M. T., & Marhamah. (2024). Enhancing Writing Literacy Teachers ’ through AI Development. Jurnal Onoma : Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 246–256.

Downloads

Published

2025-07-30

Most read articles by the same author(s)