Efektivitas KKN ITB Ahmad Dahlan Sebagai Usaha Peningkatan Ketahanan Hidup Di Masa Unstabilitas Ekonomi Desa Jampang, Kemang, Bogor

Authors

  • Ali Mustofa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Yudi Arsa Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
  • Muhsin Supriyanto Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
  • Said Said Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
  • Herman Herman Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia
  • Rahmat Tullah Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.421

Keywords:

Ekonomi Digital, Ketahanan, Pemberdayaan Masyarakat, Program Pengabdian Madyarakat

Abstract

Program Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN) ITB Ahmad Dahlan dilaksanakan di Rumah UMKM Zona Madina Dompet Dhuafa, Parung-Bogor, dengan tema "Efektivitas KKN sebagai Upaya Penguatan Ketahanan Masyarakat di Masa Ketidakstabilan Ekonomi". Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat dalam mengatasi ketidakpastian ekonomi melalui pendekatan berbasis pemberdayaan. Metode pelaksanaannya terdiri dari tahapan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi. Program utama meliputi pelatihan pencatatan keuangan sederhana, pemanfaatan pekarangan rumah tangga untuk ketahanan pangan, digitalisasi pemasaran produk, dan penguatan jejaring sosial masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan masyarakat, termasuk kemampuan untuk melakukan pencatatan keuangan terstruktur, mengelola pekarangan rumah tangga sebagai sumber makanan tambahan, dan memasarkan produk secara digital melalui media sosial, marketplace, dan Google Maps. Selain itu, diskusi kelompok dan kolaborasi menumbuhkan solidaritas sosial, yang memperkuat kapasitas adaptif masyarakat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi. Program KKN ini terbukti efektif meningkatkan ketahanan masyarakat dari sisi aspek ekonomi, pangan, dan sosial. Namun, mempertahankan dampaknya membutuhkan bantuan jangka panjang dan kolaborasi multi-pemangku kepentingan untuk memastikan bahwa strategi yang diperkenalkan dapat terus diterapkan.

References

Putri, A. M., & Utam, E. S. (2023). Edukasi Akuntansi Digital Melalui Aplikasi Bukukas Pada UMKM Di Teras Malioboro 1. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 01–10. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1010

Astuti, A. W., Sayudin, & Muharam, A. (2023). Perkembangan Bisnis Di Era Digital. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 2787–2792.

Aulia, R. N., Fajar, S., Akbar, Raine, R., & Mulyeni, S. (2025). Strategi Branding Wirausaha Digital Pemula Melalui Media Sosial: Pendekatan Kualitatif Interpretatif pada UMKMdi Kabupaten Garut. JPIM: Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisipliner, 1(3).

Bakrie, R. R., Atikah Suri, S., Nabila, Sahara, A., H Pratama, V., & Firmansyah. (2024). Pengaruh Kreativitas UMKM Serta Kontribusinya Di Era Digitalisasi Terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(2), 82–88. https://doi.org/10.55049/jeb.v16i2.308

Bidasari, B., Sahrir, S., Goso, G., & Hamid, R. S. (2023). Peran Literasi Keuangan dan Literasi Digital dalam Meningkatkan Kinerja UMKM. Owner, 7(2), 1635–1645. https://doi.org/10.33395/owner.v7i2.1404

Handayani, H., Mulyeni, S., & Herlina, H. (2024). Pendampingan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Di Kota Cimahi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 30–37.

Herlina, H., Mulyeni, S., Yacub, R., & Titta, S. (2023). KEWIRAUSAHAAN DIGITAL BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN MADYAN AL QUR’ANY CIANJUR. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 25–33.

Herlina Herlina. (2023). Bagaimana Ekosistem Kewirausahaan Digital Terbentuk di Indonesia? Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 8(4).

Jonnius, J. (2013). Menumbuhkembangkan Budaya Kewirausahaan dalam Masyarakat. Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Pengembangan Masyarakat Islam, 12(1).

Krisdiyawati, K., & Maulidah, H. (2023). ANALISIS IMPLEMENTASI AKUNTANSI DIGITAL GUNA PENCATATAN KEUANGAN PADA UMKM. Jurnal Riset Akuntansi Politala, 6(1), 100–106. https://doi.org/10.34128/jra.v6i1.174

Kusnadi, I. H., Natika, L., & Alsonia, D. O. (2020). Implementasi Kebijakan Pembinaan UMKM di Kabupaten Subang. The World of Business Administration Journal. https://doi.org/10.37950/wbaj.v2i2.937

Mahpuz, M., Bahtiar, H., Fathurahman, F., & Nur, A. M. (2021). Pelatihan pembinaan UMKM berbasis Teknologi Informasi untuk meningkatkan SDM pelaku UMKM. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 212–219. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4206

Meilisa, R., Nopiandri, N., & Rosalinda, A. (2021). PENERAPAN APLIKASI DIGITAL DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN UMKM DESA TAMIANG. Batara Wisnu : Indonesian Journal of Community Services, 1(2), 127–135. https://doi.org/10.53363/bw.v1i2.9

Mulyeni, S., Yacub, R., Herlina, H., Sophan, I., & Suparno, S. (2023). PELATIHAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS JAMUR & ANALISA BIAYA PENDAPATAN (Pada Petani Jamur di Benjot Cugenang Cianjur). Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11–17.

Mutaqin, E. Z., Saputri, S. L., & Maulida, M. F. (2023). Strategi Peningkatan Pemasaran Melalui Digital Marketing Produk Sirup Jahe Kelompok Wanita “Tiara Tani” Di Desa Tanggeran. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4).

Nadya, A. Q., Hafidz, A. ridho, Latifa, A., & Fikri, S. (2023). Pendampingan Sertifikasi Halal UMKM Desa Pondokagung Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.61231/jp2m.v1i1.25

Prathama, M., Putra R, Dahroni, A., & Putra, E. (2021). PENERAPAN METODE PEMASARAN AFFILIATE PADA DIGITAL MARKETING SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU. Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 4(1).

Rahayu, P., Suaidah, I., & Wardani, Z. D. (2022). Mampukah Digital Literacy Memengaruhi Minat Menggunakan Aplikasi Akuntansi Berbasis Smartphone Bagi UMKM? Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 173–188. https://doi.org/10.35138/organum.v5i2.307

Rochaendi, E., Ariyani, Y. D., Sari, I. P., Mahfud, M., Kholik, N., Rouzi, K. S., Afifah, N., & Nazibi, Z. (2024). Pelaksanaan KKN-Tematik: Mengoptimalisasi Disseminasi Pembangunan Perdesaan dan Pemberdayaan Masyarakat. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 75–92. https://doi.org/10.36407/berdaya.v6i1.1003

Rosanti, F., Adelia, W., & Fitriyani, W. (2022). KONSEP MASYARAKAT GLOBAL. Jurnal Bakti Sosial, 1(1), 63–68.

Sehani, S., Herlinda, H., Mardiah, A., & Dewi, R. (2021). Peningkatan Kualitas Ekonomi Masyarakat Melalui Pelatihan Kewirausahaan Budidaya Jamur Organik Yang Ramah Lingkungan Di Pekanbaru. COMSEP: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 143–151. https://doi.org/10.54951/comsep.v2i2.74

Supriyanto, A., & Hana, K. F. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. Bisnis: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(3), 199–216.

Sutandi, S., Vikaliana, R., Hidayat, Y. R., & Evitha, Y. (2020). Strategi Peningkatan Kinerja UMKM melalui “UMKM Naik Kelas” Pada UMKM di Kecamatan Cempaka Putih Jakarta Pusa. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 159–163. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.740

Tambunan, T. S. (2023). Analisis peran pemerintah daerah mendukung UMKM naik kelas . Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 1(2).

Tripalupi, R. I. (2019). LINKAGE PROGRAM DAN PASAR MODAL SEBAGAI ALTERNATIF DALAM AKSES PENDANAAN UMKM DI ERA MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA). ADLIYA: Jurnal Hukum Dan Kemanusiaan, 11(2), 227–242. https://doi.org/10.15575/adliya.v11i2.4862

Wijaya, R. S., Rahmaita, R., Murniati, M., & Mariyanti, E. (2023). Digitalisasi Akuntansi Bagi Pelaku UMKM Di Lubuk Minturun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dharma Andalas , 1(2).

Downloads

Published

2025-09-30