Pemberdayaan Komunitas Muslimah Melalui Sosialisasi Website Umkm Berbasis Socio Technoprener Dan Pendekatan Matematika Terapan
Keywords:
Komunitas, UMKM, Pemberdayaan Komunitas Muslimah, Website UMKMAbstract
Komunitas Akhwat Sholehah Kisaran menghadapi tantangan dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang masih bergantung pada metode konvensional, sehingga membatasi jangkauan pasar dan potensi pertumbuhan. Rendahnya pemahaman pemasaran digital dan adopsi teknologi menjadi kendala utama dalam akses pemasaran dan pengelolaan keuangan yang efektif. Program ini dirancang untuk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui dua pendekatan terintegrasi: teknologi dan matematika. Pendekatan pertama adalah sosialisasi website UMKM berbasis socio-technopreneur untuk memperluas jangkauan pasar melalui toko daring yang mudah diakses. Pendekatan kedua adalah pelatihan matematika terapan untuk meningkatkan keterampilan analisis biaya, penentuan harga, dan proyeksi laba guna mendukung pengambilan keputusan strategis. Pelaksanaan kegiatan mencakup workshop, pelatihan, dan pendampingan. Hasil evaluasi menunjukkan dampak nyata, di mana terjadi peningkatan omzet penjualan rata-rata sebesar 10-15% dalam tiga bulan pertama pasca-pelatihan, melampaui target awal sebesar 10%. Program ini memberikan kontribusi praktis berupa model pemberdayaan yang terukur dan kontribusi akademis dengan menunjukkan bahwa integrasi teknologi dan matematika terapan secara sistematis mampu meningkatkan kapasitas pengambilan keputusan strategis UMKM
References
Adi Nugroho, R., & Sastromiharjo dan Kholid Harras, A. A. (2022). DIMASATRA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BAGI GURU-GURU BAHASA INDONESIA MADRASAH ALIYAH SE-JAWA BARAT. 2(2), 89–98. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra
Aldo, D., P, A. B. R. P. A., Zen, B. P., Suleman, G., & Yasin, F. (2024). Implementasi Website Teknologi Tepat Guna Sebagai Motor Penggerak Pemberdayaan Komunitas dan Inovasi Sosial. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(8), 698–705. https://doi.org/10.59837/dbm4wt69
Alwasili, A., Rahmawati, T., Rahmatullah, M. A., Febriyanti, M., & Fadila, R. (2025). Analisis Metode Pemberdayaan Komunitas Berbasis Digital melalui Youth Idea Community (YIC) Indonesia. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 5(2), 830–838. https://doi.org/10.37481/jmh.v5i2.1402
Arina, R., Sucipto, S., & Ishaq, M. (2022). Pendampingan Pemasaran Produk Berbasis Digital Pada Umkm Busana Muslim Di Kabupaten Gresik. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 511–518. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i2.3948
Buci Morisson, & Aula Ahmad Hafidh Saiful Fikri. (2025). Digitalisasi UMKM sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing di Era Ekonomi Digital. E-Bisnis: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 18(1), 289–299. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v18i1.2215
Bumdes, D. I., & Mukti, K. (n.d.). PENDAMPINGAN PELATIHAN PENGGUNAAN WEBSITE SIABDES. 3(2), 1–5.
Gustina, I., Lazuardi, D., Rinaldi, M., Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya, S., & Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Eka Prasetya, P. (2025). Sosialisasi strategi adaptasi UMKM ayam penyet medan hadapi dampak inflasi. Jl. Merapi, 18(3), 20212. www.plus62.isha.or.id/index.php/abdimas
Hasibuan, U. S., Annas, F., Lubis, A. R., & Wandira, R. (2023). Optimalisasi Pemasaran Digital dengan Integrasi Media Sosial untuk Meningkatkan Penjualan Online. JOVISHE : Journal of Visionary Sharia Economy, 02(02), 356–369.
Hendra Halim, Diana Anggraeni, Umuri, K., & Harya, T. (2024). Socio-Techopreneurship. In t Widina Media Utama.
Hendriyani, I., Zusrony, E., Anzie, L. P., & ... (2024). Pelatihan Integrasi Digitalisasi Dan Komunikasi Bisnis Bagi Pelaku Umkm Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (Ipemi) Kota Semarang. Budimas: Jurnal …, 06(03), 1–8. http://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/view/15445%0Ahttp://www.jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/JAIM/article/download/15445/6125
Hidayat, N., Mardiah, A., Amran, A., & Vebriansyah, V. (2025). Optimalisasi Keuntungan Penjualan Produk UMKM ‘Batagor Bandung Tarakan’ Dengan Metode Simpleks dan POM-QM. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 4(2), 50–67. https://doi.org/10.58192/ebismen.v4i2.3345
Hutabarat, Y., & others. (2025). Peningkatan Pendapatan melalui Strategi Pemasaran Social Media pada UMKM Kue Mak Indah Kota Bengkulu. Jurnal Semarak Mengabdi, 4(1), 33–38. https://jurnal.stiabengkulu.ac.id/index.php/jsm/article/view/215
Justitia, A., Werdiningsih, I., Effendy, F., & Taufik, T. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing bagi UMKM Jasa Laundry menuju UMKM Go Digital. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat, 2(2), 60–72. https://doi.org/10.47747/jnpm.v2i2.388
Maisirata, P., & Pelealu, D. R. (2025). Optimalisasi pengelolaan usaha komunitas UMKM melalui strategi pelatihan dan pendampingan berbasis kebutuhan. 18(4).
Mariyana, R., Zaman, B., & Rudiyanto. (2021). Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Cair JAKABA dari Sampah Dapur Untuk Ibu-Ibu. Tekmulogi: Jurnal Pengabdian Masyarakat , 3(2), 121–130.
Maulina, P., Juliani, R., Fazri, A., & Burhanis, B. (2021). Literasi Digital Sebagai Penguatan Ekonomi Kreatif Kalangan Perempuan Nelayan Desa Rantoe Panjang Timur, Aceh Barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 3(1), 109. https://doi.org/10.35308/baktiku.v3i1.3353
Nugroho, A. A., Pramukti, S., & Setyaningrum, R. (2025). Optimalisasi Keuntungan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pempek Cik Lin Menggunakan Model Integer Linear Programming dan Software Lingo. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 7(2), 1318–1326. https://doi.org/10.38035/rrj.v7i2.1279
Perusahaan, T. (2024). Jurnal Pemasaran Bisnis MODERN Jurnal Pemasaran Bisnis. 6(2), 134–148.
Putra, T. J., Aldriani, Y., Manajemen, P., Tinggi, S., Ekonomi, I., Sumatera, P., & Info, A. (2025). Literasi keuangan pada KWT Bhakti Nagari kelurahan Silaing Atas , kota Padang Panjang. 18(4).
Qadri, R. A., & Tyana. (2024). Penguatan Strategi Pemasaran Digital melalui Media Sosial dan Platform Digital terhadap UMKM Sahabat Taichan Batam. Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 136–142. https://doi.org/10.37253/se.v2i3.9151
Rachmatika, R. (2022). KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer Penerapan Aplikasi Program Linear Dengan Menggunakan Metode Simpleks Untuk Mendukung Kegiatan UMKM. Media Online), 3(2), 194–202.
Sabrina, H. L., Fahdillah, Y., Pangestu, M. G., Kartika, Y. D., & Yacob, S. (2024). Strategi Keunggulan Bersaing Umkm Brownmix: Integrasi Media Sosial Dan Inovasi Produk Dalam Studi Deskriptif. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 29(2), 331–344. https://doi.org/10.35760/eb.2024.v29i2.10587
Sari Wulandari, Mhd. Dani Habra, Y. S. (2023). Pengentasan Kemiskinan melalui Sociotechnopreneur. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(1), 260–267.
Zuchriadi, A., WIdyanto, D., Bustamam, N., Ladesvita, F., & ... (2025). Pengembangan UMKM ’Inovasi Olahan Lele’di Desa Sukadami Cikarang Selatan dengan Modernisasi Kemasan dan Pemanfaatan Teknologi Digital. Lebah, 18(3). https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/313%0Ahttps://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/download/313/235
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dewi Maharani, Dewi Anggraeni, Siti Rahmadhani, Bucin Ramadhani Rangkuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

