Penerapan Strategi Search Engine Optimization Untuk Meningkatkan Visibilitas Penjualan Produk

Authors

  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang, Indonesia
  • Listina Nadhia Ningsih Universitas Pamulang, Indonesia
  • Rimasya Ayu Jaeningsih Universitas Pamulang, Indonesia
  • Nopiyanti Nopiyanti Universitas Pamulang, Indonesia
  • Mochammad Nafil Rizkullah Universitas Pamulang, Indonesia
  • Nenden Ros Meylani Universitas Pamulang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.408

Keywords:

Strategi, Search Engine Optimization, Visibilitas, Penjualan, Produk

Abstract

Di era digital saat ini, persaingan dalam dunia bisnis semakin kompetitif, khususnya dalam pemasaran produk secara online. Perubahan perilaku konsumen yang cenderung mencari informasi produk melalui mesin pencari seperti Google mendorong pelaku usaha untuk mengoptimalkan kehadiran digital mereka. Tantangan UMKM dalam Pemasaran Online UMKM seringkali menghadapi kendala seperti Visibilitas rendah di mesin pencari Google karena website/toko online tidak teroptimasi. Tujuan menerapkan strategi Search Engine Optimization (SEO) sebagai upaya meningkatkan visibilitas produk pada mesin pencari sehingga dapat memperluas jangkauan audiens, meningkatkan trafik organik yang relevan, serta mendorong konversi penjualan.. Kegiatan ini berkontribusi pada peningkatan pemahaman pelaku usaha mengenai teknik pemasaran online yang efektif, memberikan dampak positif pada peningkatan trafik organik, serta mendorong konversi penjualan tanpa ketergantungan berlebihan pada iklan berbaya. Hasil dari kegiatan ini mendapatkan skor rata rata pre-Test dan Post-Test yang dikerjakan oleh peserta dengan nilai tertinggi di variabel K4 dengan indikator Riset  Kata Kunci dan Optimasi Konten dengan selisih kenaikan +42, dari 4 indikator dengan semua aspek yang diberikan sehingga mendapatkan kenaikan total nilai rata-rata +39. Untuk nilai peningkatan visibilitas berdasarkan traffic organic dan studi kasus 4 UMKM, maka diperoleh UMKM Sambal Mami Serang dengan nilai peningkatan tertinggi sejumlah +88,6%..

References

Aang Alim Murtopo, Maulia Nursidik, Syefudin, & Gunawan. (2024). Optimasi Search Engine Optimization (SEO) On Page untuk Meningkatkan Peringkat Website Hondasukabumi.com Di Google. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(3), 2943–2953.

Abdimas, J. (2024). Tridharma manajemen, 5(2), 1–6.

Agustintia, D., & Prabawa, S. T. (2024). Pelatihan Pembuatan Search Engine Optimization (SEO) untuk Optimalisasi Pemasaran Digital pada UMKM Omah Degan D’Jingga di Sukoharjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat STIE Surakarta, 3(2), 235–241. https://doi.org/10.56456/dimaseta.v3i2.123

Alexander Jeremy Lorenzo Taolin, & Wiwin Windihastuty. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Toko Javy Petshop. IKRA-ITH Informatika : Jurnal Komputer Dan Informatika, 7(3), 173–182. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v7i3.3080

Anton, A., Maruloh, Nurlela, S., Situmorang, C. A., & Alfarizzy, V. F. (2023). Pelatihan Penggunaan Website dan SEO Untuk Meningkatkan Pengunjung Website UMKM. Majalah Ilmiah UPI YPTK, 30(2), 59–64. https://doi.org/10.35134/jmi.v30i2.156

Arromdoni, H., Sa, M., Kunta, A., & Fadhilah, Z. (2025). Pelatihan dan Pendampingan Implementasi SEO ( Search Engine Optimization ) dan Digital Marketing pada Produk UMKM Zurea Yogyakarta menjadi proses pendukung bisnis perusahaan seperti penjualan produk dan jasa Untuk meningkatkan marketing digital pada UMKM dapat ditempuh melalui optimasi channel Youtube dan Instragam Ads . Optimasi channel Youtube mampu membangun brand awareness dan menjangkau konsumen yang lebih luas . Hal ini, 1(1), 41–50.

Artanto, H., & Nurdiyansyah, F. (2017). Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Untuk Meningkatkan Penjualan Produk. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 2(1), 2–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v2i1.409

Cahyono, N. (2024). Peningkatan Digital Marketing dengan Memanfaatkan SEO danGoogle Ads. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 27–32.

Desmantyo, P. S., Baswarani, D. T., Utama, A. P. S., & Hasanah, R. N. (2025). Mengevaluasi Efektivitas Strategi SEO On-Page dan Off-Page untuk Peningkatan Peringkat Mesin Pencari. Jurnal ABDIMAS-HIP Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.37402/abdimaship.vol6.iss1.364

Dewanto, F. B., Febrian, M. H. P., Amir, M. R., & Prawira, I. F. A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(4), 709–715. https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.1900

Eka Putri, V., & Respati Kusumasari, I. (2020). Strategi SEO Untuk Mendukung Digital Marketing Dalam Pengelolaan Bisnis dan Efektivitas Di SAH Co Id. Jurnal Dedikasi, 5(2), 1–5.

Fatimah, A., & Afira, S. (2023). Pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai Upaya Peningkatan Traffic Promosi Wisata Jeep Adventure Binaan BUMDes Parang Menoreh. Amare, 2(2), 40–45. https://doi.org/10.52075/ja.v2i2.278

Fazizah, A., Putra, T. S., Putri, E. D., Nikmah, F., & Arsyi, M. R. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital Marketing dengan Metode SEO (Search Engine Optimization) pada Produk Kerupuk Tenggiri K57 di Desa Ketapang. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(1), 266. https://doi.org/10.24127/sss.v9i1.3687

Fitriasari, N. A., Galih, S. T., & Prakoso, S. A. (2024). Implementasi Search Engine Optimization (SEO) pada Website Printblcdesigns.Com untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 10(2), 519–533. https://doi.org/10.37012/jtik.v10i2.2263

Hadiana, A. I., & Putra, E. krishna. (2023). Optimasi SEO (Search Engine Optimization) sebagai Strategi Peningkatan Online Presence bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(1), 11–22. https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.145

Helmy, M., Albab, F., Ratnawati, D. E., & Rahayudi, B. (2024). Analisis Metode Search Engine Optimization ( SEO ) dengan Teknik On- Page dalam Upaya Meningkatkan Visibilitas pada Google Search Engine ( Studi Kasus IFL Chapter Malang ). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer Vol., 1(1), 1–9.

Herman, Riadi, I., Chandra Kurniawan, G., & Adhi Prabowo, B. (2024). Program Peningkatan Pengetahuan Dan Keahlian Guru Dan Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Search Engine Optimization. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia, 7(2), 9–15. https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i2.6426

Hidayat, I., Hs, T. H., & Hadriani, A. (2025). Strategi SEO Dalam Digital Marketing Untuk Meningkatkan Promosi Efektif Pada UMKM, 4(6), 519–525.

Hutagalung, S. S., & Rakhmadi, R. (2024). Penggunaan Aplikasi Seo Untuk Optimalisasi Promosi Pariwisata Bagi Pemuda Di Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 5(1), 12–19. https://doi.org/10.52060/jppm.v5i1.1729

Irfanudin, A. M., Sunardi, D., Sari, R., Imbron, I., & Nariah, N. (2020). Peran Seo Dalam Meningkatkan Reliabilitas Pemasaran Produk Via Media Online Pada Forum Muslimah Depok. Dedikasi Pkm, 1(1), 21. https://doi.org/10.32493/dedikasipkm.v1i1.6044

Isbandi, I., Zatnika, Z., & Triyatna, E. (2023). Implementasi Teknik Seo (Search Engine Optimization) Untuk Optimasi Website Penjualan Di Lestari Jaya Mebel. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(3), 1047–1060. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i3.867

Kholil, N. K., Pratondo, A., & Zani, T. (2025). Penggunaan Search Engine Optimization Dalam Strategi Pemasaran Digital (Studi Kasus: Lariss. Id). EProceedings …, 11(1), 188–194. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/download/25644/24480

Martiyanti, D., Alghifari, M. F., & Aisyah, S. (2024). Pelatihan Pembuatan Search Engine Optimization (SEO) sebagai Upaya Mengoptimalkan Pemasaran Digital UMKM. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 181. https://doi.org/10.33394/jpu.v5i2.10938

Nanul, A. M., & Islamiyah, M. (2024). Optimization of Digital Marketing Using Search Engine Optimization (SEO) at Soevenir CV Saudagar Kaya Abadi Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 751–756. https://doi.org/10.32815/jpm.v5i2.2280

Nizar Haris Masruri. (2022). Kajian Metode Seo Berbasis on-Page Sebagai Strategi Meningkatkan Visibilitas Website Di Serp. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(1), 39–49. https://doi.org/10.47111/jti.v16i1.3645

Pamungkas, I., Alvin, P., Rodiyana, N., Pratama, G. D., & Wahyudi, Y. (2020). Pemanfaatan Search Engine Optimization (SEO) untuk Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 177–180.

Prasetyo, S. E., Wijaya, G., Haeruddin, H., & Sopiyan, S. (2025). Optimalisasi Search Engine Optimization (Seo) Untuk Meningkatakan Pemasaran Digital Pada Website Pt. Petro Jaya Samudra. Journal of Information System Management (JOISM), 6(2), 156–163. https://doi.org/10.24076/joism.2025v6i2.1962

Publik, D. I. M. (2025). WEBSITE UMKM PADA ERA DIGITAL DENGAN MENERAPKAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ( SEO ) UNTUK MENINGKATKAN VISIBILITAS UMKM DESA KARANGPRANTI, 4, 10–15.

Saputra, J., & Afriansyah, M. (2025). TIN : Terapan Informatika Nusantara Penerapan Strategi SEO ( Search Engine Optimization ) dalam Meningkatkan Penjualan Produk Digital TIN : Terapan Informatika Nusantara, 6(2), 66–74. https://doi.org/10.47065/tin.v6i2.7816

Sari, U. L. (2024). Peran Media Sosial Dan Seo Dalam Meningkatkan Penjualan Melalui Platform Internet. Jurnal Dinamika Sosial Dan Sains, 1(3), 205–213.

Selfiani, D., Nasution, M. I. P., & Bi Rahmani, N. A. (2024). Optimasi Search Engine Optimization Dalam Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Polis Asuransi Syariah. Jurnal Manajerial, 11(03), 518. https://doi.org/10.30587/jurnalmanajerial.v11i03.8514

Sintha Erika Putri, & Budi Prabowo. (2023). Penerapan Search Engine Optimization (SEO) Pada Strategi Digital Marketing UMKM. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 123–131. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i3.1452

Sitohang, I. T., Abdul, D., Mubarok, A., Manajemen, P. S., Ekonomi, F., Membangun, U. I., & Bandung, K. (2025). Analisis Strategi SEO dalam Pengelolaan Konten WordPress : Kasus Impactlabs Indonesia, 4(3), 367–380. https://doi.org/10.55123/mamen.v4i3.5781

Supit, V., Langi, C., Purba, F., Papia, F., & Kolondam, A. (2024). Peningkatan Visibilitas Online Media Promosi Digital Dengan Pendekatan Search Engine Optimization. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1203–1209. https://doi.org/10.59141/cerdika.v4i12.2327

Syari, M. H. A., Dara, S. A., & Winarno, S. T. (2024). Pendampingan Umkm Dalam Penggunaan Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Di Desa Kemiri Kabupaten …. BHAKTI NAGORI (Jurnal …, 4(2020), 145–152. Retrieved from http://ejournal.uniks.ac.id/index.php/bhakti_nagori/article/view/3919

Tahyudin, I. Z., Riyanto, A. D., & ... (2024). Pelatihan Search Engine Optimization (SEO) dan Penyusunan Artikel Berbasis Kecerdasan Buatan. Jurnal Pengabdian …, 7(4), 996–1009. Retrieved from http://ejournal.poltekharber.ac.id/index.php/abdimas/article/view/7243

Urmila Urmila, Erwan Sastrawan, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Penerapan Teknik Seo (Search Engine Optimization) pada Website Pikiran-Rakyat.Com dalam Strategi Pemasaran. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 50–56. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i3.111

Verawati, D. M., Hutajulu, D. M., & Erawati, N. (2024). Pelatihan Search Engine Optimization, Content Marketing, dan Branding untuk Peningkatan Potensi Balai Ekonomi Desa. PARAHITA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 71–77. https://doi.org/10.25008/parahita.v4i2.107

Downloads

Published

2025-09-30