Penerapan Strategi Search Engine Marketing Untuk Meningkatkan Traffic Penjualan Produk Sebagai Persiapan Siswa Menjadi Wirausaha

Authors

  • Listina Nadhia Ningsih Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Angga Pramadjaya Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Azharuddin Fadlullah Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Tubagus Farhan Nur Hakim Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Adam Alwi Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Mulya Rizki Agustina Universitas Pamulang, Serang, Indonesia
  • Nisrina Salma Ulayya Universitas Pamulang, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.403

Keywords:

Strategi, Search Engine Marketing, Traffic, Penjualan, Wirausaha

Abstract

Di era digital saat ini, konsumen semakin terbiasa mencari informasi dan melakukan transaksi melalui internet, sehingga strategi pemasaran konvensional sudah tidak lagi mencukupi. Permasalahan yang ada pada sekolah yaitu masih banyak siswa yang belum memahami konsep dasar dan penerapan SEM secara optimal dan kurangnya pembelajaran praktis mengenai pemasaran digital dalam kurikulum kewirausahaan menjadi salah satu tantangan utama. Dalam konteks ini, Search Engine Marketing (SEM) menjadi salah satu strategi digital marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas produk, menarik lebih banyak pengunjung ke situs web, dan pada akhirnya mendorong peningkatan penjualan khususnya siswa tingkat akhir yang sedang dipersiapkan untuk menjadi wirausahawan muda, Tujuan Kegiatan ini Membekali siswa dengan pengetahuan terapan yang relevan dengan kurikulum kewirausahaan, teknologi informasi, atau bisnis digital. Keberhasian Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan kesiapan siswa dalam menghadapi dunia kewirausahaan berbasis digital. Melalui pelatihan dan pendampingan yang terstruktur mengenai strategi Search Engine Marketing (SEM). Indikator kompetensi keberhasilan yang diberikan secara keseluruhan dengan nilai skor 100 menunjukkan bahwa Untuk pre-Test dengan nilai rata-rata 41,2 dengan presentase 13% kompeten, Untuk post-Test dengan nilai rata-rata 83,8 dengan nilai presentase 90%. Hasil kenaikan rata rata nilai pre-Test dan post-Test dengan skor rata-rata +42,6 menunjukkan bahwa kemampuan peseta meningkat setelah mengikuti kegiatan ini.

References

Akbar, I., Nursyanti, R., Ramadhani, M. W., & Setiawan, D. (2025). Introduction Training on How Search Engine Marketing Works for Digital Marketing Platforms for students of SMAN 16 Bandung. Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB), 4(1), 92–96. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v4i1.137

Artanto, B., & Afraah, S. M. (2025). Analisis Strategi Search Engine Marketing (SEM) pada Website Online Travel Agencies (OTA). Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 9(1), 556–562. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7957

Asadiyah, E. (2024). Optimasi Search Engine Marketing (SEM) sebagai media komunikasi pemasaran. Maliki Interdisciplinary Journal, 2(3), 124–129. Retrieved from http://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/view/5190%0Ahttp://urj.uin-malang.ac.id/index.php/mij/article/download/5190/2193

Azhar, S. W. ., Achmad Fauzi, Reynaldo Ghifari, Putra Yuntama, Belva Yulivio Estiawan, Muhammad Yusuf Fito, … Muhammad Andika. (2023). Pengaruh Social Media dan Search Engine Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 4(1), 223–230. Retrieved from https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/

Batee, E., Dwi, S., Amelya, D., Wanda, R., Yuniarti, E., Kurniawan, R., … Manajemen, P. (2023). Strategi Pemasaran Produk UMKM di Wilayah Universitas Negeri Semarang melalui Penerapan Digital Marketing. Jurnal Potensial, 2(2), 145–154. Retrieved from http://jurnalilmiah.org/journal/index.php/potensial

Dewanto, F. B., Febrian, M. H. P., Amir, M. R., & Prawira, I. F. A. (2023). Penerapan SEO Dalam Strategi Pemasaran Perusahaan. Jurnal Maneksi, 12(4), 709–715. https://doi.org/10.31959/jm.v12i4.1900

Endri, E. P., & Widyastuti, R. (2023). Pengaruh Iklan Internet Shopee dalam Search Engine Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Fikom Universitas Mercu Buana Kampus Meruya di Tahun 2022. Jurnal Visi Komunikasi, 22(02), 158. https://doi.org/10.22441/visikom.v22i02.23874

Husaeni, F., Nurendah, Y., & Zuhdi, S. (2024). An Overview Of Inbound Marketing At Wan International Technology Companies. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 3(3). https://doi.org/10.37641/jabkes.v3i3.1943

Jie, C., Xu, D., Wang, Z., Wang, L., & Shen, W. (2021). An Efficient Group-based Search Engine Marketing System for E-Commerce. Retrieved from http://arxiv.org/abs/2106.12700

Kelvin, Susanto Stefhani, Melson, & Eryc. (2024). Kelvin+2500. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen, 2(Digital Marketing), 317–327.

Lia Ambar Sulas, & Ronal Aprianto. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Produk Fashion Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovasi dan Kolaborasi Disiplin Ilmu, 1(1), 141–146.

Muhammad Tri Wahyudi, Alfifto, Nindya Yunita, & Muthya Rahmi Darmansyah. (2025). Pengaruh Search Engine Optimization Dan Content Marketing Terhadap Minat Beli Produk Missilshop. Journal of Management and Bussines (JOMB), 7(April), 2.

Munawir, M., & Sri Sulistyawati, U. (2023). Penerapan Strategi Marketing Pada Aisyah Desert and Drinks Menggunakan Landing Page. Jurnal Manajemen Sistem Informasi (JMASIF), 1(2), 76–82. https://doi.org/10.35870/jmasif.v1i2.125

Saputra, M. A., Fernando, I., & Irawan, A. (2024). Pemanfaatan Search Egine Optimization (SEO) Serta Search Engine Marketing (SEM) untuk Meningkatkan Penjualan Mobil. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 8(1), 24–37. https://doi.org/10.47080/saintek.v8i1.3016

Schultheiß, S. (2023). How search engine marketing influences user knowledge gain: Development and empirical testing of an information search behavior model. CHIIR 2023 - Proceedings of the 2023 Conference on Human Information Interaction and Retrieval, 475–478. https://doi.org/10.1145/3576840.3578297

Suhayati, E., Adiwijaya, F. F., & Rismawati, R. (2024). Transformasi UMKM Menjadi Entrepreneur Digital Melalui Search Engine Marketing dan TikTok Shop untuk Pemasaran Minuman Kesehatan “DULUR.” Jurnal Pengabdian Teknik Dan Ilmu Komputer (Petik), 4(2), 78–85. https://doi.org/10.34010/petik.v4i2.14286

Terrance, A. R., Shrivastava, S., & Mishra, A. (2018). Importance of Search Engine Marketing in the Digital World. Proceedings of the First International Conference on Information Technology and Knowledge Management, 14, 155–158. https://doi.org/10.15439/2017km24

Visi Ari Pratiwi, & Acep Samsudin. (2024). Optimalisasi Konten Sosial Media dan Artikel Seo untuk Meningkatkan Brand Awareness dan Konversi Penjualan UMKM Rumah Kapas. Eksekusi : Jurnal Ilmu Hukum Dan Administrasi Negara, 2(3), 442–451. https://doi.org/10.55606/eksekusi.v2i3.1352

Yang, Y., & Li, H. (2023). Keyword decisions in sponsored search advertising: A literature review and research agenda. Information Processing and Management, 60(1). https://doi.org/10.1016/j.ipm.2022.103142

Yang, Y., Zhao, K., Zeng, D., & Jansen, B. J. (2020). How Search Engine Advertising Affects Sales over Time: An Empirical Investigation, 1–33. Retrieved from http://arxiv.org/abs/2008.06809

Yang, Z., Shi, Y., & Wang, B. (2015). Search engine marketing, financing ability and firm performance in E-commerce. Procedia Computer Science, 55(Itqm), 1106–1112. https://doi.org/10.1016/j.procs.2015.07.078

Yudha, B. M. S. H. (2019). Kajian komparatif keefektifan penggunaan search engine optimization dan search engine marketing dalam mendongkrak penjualan. Jurnal Manajemen: Ilmu Ekonomi Dan Komunikasi, 1–8.

Zakki, N., Abrar, U., & Anwar, S. (2024). Pengaruh Konten Berkualitas, Search Engine Optimization (SEO) dan Media Sosial Terhadap Keberhasilan Kampanye Digital Marketing Pada UMKM di Kabupaten Sumenep. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Organisasi, 02(02), 69–78.

Downloads

Published

2025-09-28