Akselerasi literasi digital untuk mengurangi dampak negatif gadget dengan penerapan modul pembelajaran digital di Balai Warga RT 01 RW 01 Depok Jaya Pancoran Depok

Authors

  • Achmad Zuchriadi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Fakhri Akbar Ayub Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Didit Widyanto Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Luh Krisnawati Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Fiora Ladesvita Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Raka Adryan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia
  • Ramadhoni Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.388

Keywords:

Gadget, Literasi digital, Modul digital, TTG

Abstract

Peningkatan penggunaan gadget di kalangan anak-anak telah menimbulkan masalah seperti rendahnya literasi digital dan ketergantungan pada konten non-edukatif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan mengatasi hal tersebut melalui penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) berupa sistem pembelajaran digital berbasis intranet tanpa kuota internet. Kegiatan dilakukan di RW 01 Depok Jaya dengan pendekatan partisipatif, meliputi survei, analisis, desain, instalasi, pelatihan, dan pendampingan. Sistem terdiri atas perangkat keras, aplikasi edukatif ramah pengguna, dan konten pembelajaran formal maupun informal. Hasil menunjukkan sistem digunakan oleh anak dan remaja serta mengubah fungsi balai warga menjadi pusat belajar digital. Antusiasme masyarakat tinggi, disertai permintaan untuk menambahkan konten pembelajaran non formal agar pengguna sistem bertambah ibu rumah tangga dan remaja yang sering berkegiatan di lokasi. Inisiatif ini mendukung literasi digital anak serta SDGs poin 4. Rekomendasi mencakup pengembangan sistem kendali jarak jauh, penambahan konten, dan replikasi ke wilayah lain.

References

Booton, S. A., Hodgkiss, A., & Murphy, V. A. (2023). The impact of mobile application features on children’s language and literacy learning: a systematic review. In Computer Assisted Language Learning (Vol. 36, Issue 3, pp. 400–429). Routledge. https://doi.org/10.1080/09588221.2021.1930057

Brooks, H., Irmansyah, I., Syarif, A. K., Pedley, R., Renwick, L., Rahayu, A. P., Manik, C., Prawira, B., Hann, M., Brierley, H., Lovell, K., & Bee, P. (2023). Evaluating a prototype digital mental health literacy intervention for children and young people aged 11–15 in Java, Indonesia: a mixed methods, multi-site case study evaluation. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 17(1). https://doi.org/10.1186/s13034-023-00608-9

Caballero-Julia, D., Martín-Lucas, J., & Andrade-Silva, L. E. (2024). Unpacking the relationship between screen use and educational outcomes in childhood: A systematic literature review. Computers and Education, 215. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2024.105049

Damayanti, F., Rahayu, D., Adrias, A., & Syam, S. S. (2025). Penggunaan Teknologi dalam Membantu Peserta Didik Sekolah Dasar dengan Kesulitan Membaca: Literature Review. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2. https://doi.org/10.61132/morfologi.v3i2.1580

Dwinita, K., & Pande, K. (2019). Peran pola asuh orangtua dan penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak prasekolah. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 76–87.

Faridah, F., Anies, A., Kartasurya, M. I., & Widjanarko, B. (2024). Online educational intervention: Improving maternal knowledge and attitudes in providing developmental stimulation for stunting toddlers. Narra J, 4(1). https://doi.org/10.52225/narra.v4i1.591

Gaztañaga, M., Idoiaga-Mondragon, N., Legorburu Fernandez, I., & Eiguren Munitis, A. (2025). Smartphones through children’s eyes: perceived benefits and educational considerations. Frontiers in Psychology, 16. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2025.1596595

Hajar Hadad, S., & Hamza Hairun, R. (2024). Sosialisasi dan Pendampingan sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pemilih untuk Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas Pemilihan Kepala Daerah. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service, 5(1). https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i1.4095

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996

Ika Sari, G., Winasis, S., Pratiwi, I., Wildan Nuryanto, U., & Basrowi. (2024). Strengthening digital literacy in Indonesia: Collaboration, innovation, and sustainability education. Social Sciences and Humanities Open, 10. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101100

Mhlanga, D. (2024). Digital transformation of education, the limitations and prospects of introducing the fourth industrial revolution asynchronous online learning in emerging markets. In Discover Education (Vol. 3, Issue 1). Discover. https://doi.org/10.1007/s44217-024-00115-9

Muhammad Nasrulloh Mubarak, & Jesica Febriani Nura. (2021). Peningkatan dan Pemerataan Pendidikan Melalui E-Learning. Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication, 1(1). https://doi.org/10.52435/complete.v1i1.98

Puspitasari, H. R., Widiarti, N., & Subali, B. (2025). Digital Storytelling For Enjoyable and Effective Learning in the Technological Era (2020–2025). Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 14(2), 161–173. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v14i2.1905

Rahayu Ningsih, E., Sholihah Tri Utari, H., & Fauziyah Hasna, L. (2022, April 6). Pengaruh Kurangnya Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Anak Pada Masa Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian.

Suwandi, M. A., & Rakuasa, H. (2024). Page| 252 Community Participation in Education in the Digital Age in Indonesia Article Info. International Journal of Educatio Elementaria and Psychologia, 1(5), 252–259. https://doi.org/10.70177/ijeep.v1i5.1250

Swider-Cios, E., Vermeij, A., & Sitskoorn, M. M. (2023). Young children and screen-based media: The impact on cognitive and socioemotional development and the importance of parental mediation. In Cognitive Development (Vol. 66). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2023.101319

Thahir, A., Dwifadhila Hani, N., & Jalil Masri, M. (2025). DAMPAK PERKEMBANGAN TEKNOLOGI TERHADAP POLA INTERAKSI SOSIAL PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DAN KELUARGA The Impact of Technological Development on Students’ Social Interaction Patterns in School and Family. AL-IRSYAD, 4(1), 13–26.

Wang, J. C., Hsieh, C. Y., & Kung, S. H. (2023). The impact of smartphone use on learning effectiveness: A case study of primary school students. Education and Information Technologies, 28(6), 6287–6320. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11430-9

Zuchriadi, A., Rahayu, F., Razi, M. A., Anggraeni, S., Kinsela Brajamusti, J., Putri, M., Darmawan, R., & Hamonangan, Y. (2023). Digitizing learning modules without internet quota to accelerate education equity in Pabean Udik Village Indramayu. In Jurnal Mandiri IT (Vol. 12, Issue 2).

Downloads

Published

2025-09-30

Most read articles by the same author(s)