Sosialisasi transformasi digital umkm : langkah menuju bisnis yang lebih kompetitif
DOI:
https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.383Keywords:
Digitalisasi, Pengabdian Masyarakat, Sosialisasi, UMKMAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meningkatkan daya saing mereka di pasar. Program ini mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra usaha UMKM tentang aspek-aspek kunci digitalisasi yang dapat mengoptimalkan operasional dan strategi bisnis mereka. Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta yang terdiri dari UMKM di wilayah Kebumen yang terdiri dari penjual kue dan snack, baju, makanan kekinian, dimsum, es teh jumbo, cireng, pulsa HP dan token. Metode kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi berupa penyampaian materi tentang pengembangan UMKM menuju UMKM naik kelas, pengelolaan keuangan UMKM secara digital dan penggunaan aplikasi WhatsApp Busines. Adapun untuk evaluasi peserta dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta mengenai materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Tingkat keberhasilan kegiatan ini dinilai baik dimana peserta mampu membuat WhatsApp Busines sesuai produk yang dijual oleh UMKM dan mampu mengaplikasikan kasir pintar. Program ini berhasil mencapai tujuannya dengan memberikan peserta pengetahuan, pemahaman, dan keahlian dalam mengadopsi teknologi digital
References
Abdul, A. R., Shidiqi, M. F. A., Devy, S. T., Meilina, T., Afifah, S. N., Astuti, W., Octavani, S., Wulandari, S., Nurhanifah, V., Asrof, M. R., Putri, N. M., Syafinatunnisa, Z., Sari, S. N., & Karmelia, N. H. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KULIT KEMBANG TAHU TAWAR DESA RANCA KALAPA TANGERANG MELALUI DIGITALISASI MARKETING. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1410–1422. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.971
Aisyah, H., Puspita, S., & Elizamiharti, E. (2022). Resource-Based View: Strategi Umkm Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 5(2), 109–120. https://doi.org/10.26533/jmd.v5i2.1029
Armada, S., Rozi, C., Hadityo, C. H., Direja, D. S., & Mayangjati, I. (2024). Pemberdayaan Umkm Dengan Fokus Pada Peran Wanita: Inovasi Digitalisasi Pemasaran Di Kecamatan Kebon Pedas, Sukabumi. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(3), 311–316. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i3.108
Astria Dela, M. S. (2021). DALAM STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN Pendahuluan Whatsapp business adalah suatu applikasi gratis yang ada di playstore , whatsapp business ini bisa digunakan untuk perpesanan hanya menggunakan internet . Aplikasi whatsapp bu. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(02), 246–270.
Eka Hartati, Q., Khoiril Mala, I., & Author, C. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(2), 2621–119.
Enny Diah Astuti, & Rahmi Rosita. (2024). Pentingnya Transformasi Digital UMKM dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 119–134. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i4.1499
Godwin, G., Junaedi, S. R. P., Hardini, M., & Purnama, S. (2024). Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(2), 41–47. https://doi.org/10.34306/abdi.v5i2.1172
Handayani, M. A., Suwarni, E., Fernando, Y., Fitri, F., Saputra, F. E., & Candra, A. (2022). Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Umkm Di Desa Balairejo. Suluh Abdi, 4(1), 1. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4365
Husna Afrizal, S., & Megananda, T. B. (2025). DIGITAL TRANSFORMATION: ENHANCING MSME SUSTAINABILITY THROUGH FINANCIAL DIGITALIZATION. https://jicnusantara.com/index.php/jiic
Hutauruk, R. P. S., Zalukhu, R. S., Collyn, D., Jayanti, S. E., & Damanik, S. W. H. (2024). Peran perilaku pengelolaan keuangan sebagai mediator dalam meningkatkan kinerja keuangan UMKM di kota Medan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 302. https://doi.org/10.29210/020243356
Irawan, I., & Irawan, A. (2022). Pembukuan Usaha Mewujudkan UMKM Naik Kelas (Kolaborasi UMKM Indonesia dan Malaysia). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 14–22. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.179
Kurniastuti, C., Susilo, P., Yuliyzar, I., & Pratama, P. (2024). Practical Steps Towards Healthier Business Competition Through Digitalization of MSMEs Benda Village, Tangerang City. 49–60. https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i3.552
Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan KompetitifDan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management), 1(4), 371–386.
Nilam Sari, M. (2025). Implementation of WhatsApp Business-Based Digital Marketing Strategy for MSMEs in Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital (JEMAK-BD) , 4(1), 137–144.
Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534
Ruslim, T. S. (2025). Transformasi Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah: Pelatihan Strategis untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Tata Jaya di Era E-Commerce. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 282–291. https://doi.org/10.32877/nr.v4i2.2621
Septi, I., Putri Mandiri, D., Citra Zahara, A., Febriyanti, A., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (2025). Transformasi Digital dan Dampaknya Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Ranca Kalapa. https://doi.org/10.31253/ad.v5i1.3560
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118. http://rayyanjurnal.com/index.php/mantap/article/view/1592
Siregar, S., Yohanson, A., & Rizal, R. (2024). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (MSME) Kripik Tempe Melalui Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Media Sosial di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1
Sri Utami, M., Setya Wijaya, R., & Marseto, M. (2024). Pendampingan UMKM Kecamatan Wonokromo Melalui Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha Menuju UMKM Naik Kelas. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 136–143. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1177
Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56
Tamrin, T., Aris, M., Subur, R., Samadan, G. M., Andriani, R., Pascasarjana, S., Khairun, U., & Info, A. (2025). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas ) Akebay. 18(3).
Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362
Waty, E. N., Febriyanti, A., & Monica, T. R. (2024). Pengelolaan UMKM Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Rumbai. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 168–177.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Asih Romadhonasari, Dwi Amini, Yuniarti Widayaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

