Sosialisasi transformasi digital umkm : langkah menuju bisnis yang lebih kompetitif

Authors

  • Asih Romadhonasari Universitas Putra Bangsa, Indonesia
  • Dwi Amini Universitas Putra Bangsa, Indonesia
  • Yuniarti Widayaningsih Universitas Putra Bangsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.383

Keywords:

Digitalisasi, Pengabdian Masyarakat, Sosialisasi, UMKM

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mendukung transformasi digital usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) guna meningkatkan daya saing mereka di pasar. Program ini mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada mitra usaha UMKM tentang aspek-aspek kunci digitalisasi yang dapat mengoptimalkan operasional dan strategi bisnis mereka. Kegiatan ini diikuti oleh 17 peserta yang terdiri dari UMKM di wilayah Kebumen yang terdiri dari penjual kue dan snack, baju, makanan kekinian, dimsum, es teh jumbo, cireng, pulsa HP dan token. Metode kegiatan ini dilakukan dengan sosialisasi berupa penyampaian materi tentang pengembangan UMKM menuju UMKM naik kelas, pengelolaan keuangan UMKM secara digital  dan penggunaan aplikasi WhatsApp Busines. Adapun untuk evaluasi peserta dilakukan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada peserta mengenai materi yang telah disampaikan oleh narasumber. Tingkat keberhasilan kegiatan ini dinilai baik dimana peserta mampu membuat WhatsApp Busines sesuai produk yang dijual oleh UMKM dan mampu mengaplikasikan kasir pintar. Program ini berhasil mencapai tujuannya dengan memberikan peserta pengetahuan, pemahaman, dan keahlian dalam mengadopsi teknologi digital

References

Abdul, A. R., Shidiqi, M. F. A., Devy, S. T., Meilina, T., Afifah, S. N., Astuti, W., Octavani, S., Wulandari, S., Nurhanifah, V., Asrof, M. R., Putri, N. M., Syafinatunnisa, Z., Sari, S. N., & Karmelia, N. H. (2023). STRATEGI MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK KULIT KEMBANG TAHU TAWAR DESA RANCA KALAPA TANGERANG MELALUI DIGITALISASI MARKETING. Jurnal Abdi Insani, 10(3), 1410–1422. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i3.971

Aisyah, H., Puspita, S., & Elizamiharti, E. (2022). Resource-Based View: Strategi Umkm Di Sumatera Barat Untuk Mencapai Keunggulan Kompetitif. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 5(2), 109–120. https://doi.org/10.26533/jmd.v5i2.1029

Armada, S., Rozi, C., Hadityo, C. H., Direja, D. S., & Mayangjati, I. (2024). Pemberdayaan Umkm Dengan Fokus Pada Peran Wanita: Inovasi Digitalisasi Pemasaran Di Kecamatan Kebon Pedas, Sukabumi. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(3), 311–316. https://doi.org/10.57096/blantika.v2i3.108

Astria Dela, M. S. (2021). DALAM STRATEGI PEMASARAN ONLINE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PENJUALAN Pendahuluan Whatsapp business adalah suatu applikasi gratis yang ada di playstore , whatsapp business ini bisa digunakan untuk perpesanan hanya menggunakan internet . Aplikasi whatsapp bu. Jurnal Eksyar (Jurnal Ekonomi Syariah), 08(02), 246–270.

Eka Hartati, Q., Khoiril Mala, I., & Author, C. (2024). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora, 4(2), 2621–119.

Enny Diah Astuti, & Rahmi Rosita. (2024). Pentingnya Transformasi Digital UMKM dalam Pengembangan Ekonomi Indonesia. Sammajiva: Jurnal Penelitian Bisnis Dan Manajemen, 2(4), 119–134. https://doi.org/10.47861/sammajiva.v2i4.1499

Godwin, G., Junaedi, S. R. P., Hardini, M., & Purnama, S. (2024). Inovasi Bisnis Digital untuk Mendorong Pertumbuhan UMKM melalui Teknologi dan Adaptasi Digital. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 5(2), 41–47. https://doi.org/10.34306/abdi.v5i2.1172

Handayani, M. A., Suwarni, E., Fernando, Y., Fitri, F., Saputra, F. E., & Candra, A. (2022). Pengelolaan Keuangan Bisnis Dan Umkm Di Desa Balairejo. Suluh Abdi, 4(1), 1. https://doi.org/10.32502/sa.v4i1.4365

Husna Afrizal, S., & Megananda, T. B. (2025). DIGITAL TRANSFORMATION: ENHANCING MSME SUSTAINABILITY THROUGH FINANCIAL DIGITALIZATION. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Hutauruk, R. P. S., Zalukhu, R. S., Collyn, D., Jayanti, S. E., & Damanik, S. W. H. (2024). Peran perilaku pengelolaan keuangan sebagai mediator dalam meningkatkan kinerja keuangan UMKM di kota Medan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 10(1), 302. https://doi.org/10.29210/020243356

Irawan, I., & Irawan, A. (2022). Pembukuan Usaha Mewujudkan UMKM Naik Kelas (Kolaborasi UMKM Indonesia dan Malaysia). Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 14–22. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.179

Kurniastuti, C., Susilo, P., Yuliyzar, I., & Pratama, P. (2024). Practical Steps Towards Healthier Business Competition Through Digitalization of MSMEs Benda Village, Tangerang City. 49–60. https://doi.org/10.62383/aksinyata.v1i3.552

Mardikaningsih, R., & Darmawan, D. (2023). Strategi Inovasi Bisnis Sebagai Upaya Peningkatan Keunggulan KompetitifDan Pertumbuhan Bisnis UMKM Industri Kreatif Di Era Digital. GLORY ( Global Leadership Organizational Research in Management), 1(4), 371–386.

Nilam Sari, M. (2025). Implementation of WhatsApp Business-Based Digital Marketing Strategy for MSMEs in Indonesia. Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi Keuangan Bisnis Digital (JEMAK-BD) , 4(1), 137–144.

Riyanto, S., Azis, M. N. L., & Putera, A. R. (2022). Pendampingan UMKM dalam Penggunaan Digital Marketing pada Komunitas UMKM di Kabupaten Madiun. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 137–142. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11534

Ruslim, T. S. (2025). Transformasi Digital Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah: Pelatihan Strategis untuk Meningkatkan Daya Saing Toko Tata Jaya di Era E-Commerce. NEAR: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 282–291. https://doi.org/10.32877/nr.v4i2.2621

Septi, I., Putri Mandiri, D., Citra Zahara, A., Febriyanti, A., & Ekonomi dan Bisnis Islam, F. (2025). Transformasi Digital dan Dampaknya Terhadap Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Ranca Kalapa. https://doi.org/10.31253/ad.v5i1.3560

Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1), 109–118. http://rayyanjurnal.com/index.php/mantap/article/view/1592

Siregar, S., Yohanson, A., & Rizal, R. (2024). Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (MSME) Kripik Tempe Melalui Strategi Bisnis dan Pemanfaatan Media Sosial di Desa Wonoharjo Kabupaten Tanggamus. https://doi.org/10.31253/ad.v4i1

Sri Utami, M., Setya Wijaya, R., & Marseto, M. (2024). Pendampingan UMKM Kecamatan Wonokromo Melalui Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha Menuju UMKM Naik Kelas. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(4), 136–143. https://doi.org/10.31004/jh.v4i4.1177

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Syarif, Birgantoro, B. A., Hermawan, A., Gani, M. A., Sugiyanto, S., & Maddinsyah, A. (2022). Optimalisasi Pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Makanan Dengan Pemanfaatan Whatsapp. Jurnal Pengabdian Masyarakat Madani (JPMM), 2(1), 54–66. https://doi.org/10.51805/jpmm.v2i1.56

Tamrin, T., Aris, M., Subur, R., Samadan, G. M., Andriani, R., Pascasarjana, S., Khairun, U., & Info, A. (2025). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelompok Masyarakat Pengawas ( Pokmaswas ) Akebay. 18(3).

Wati, A. P., Martha, J. A., & Indrawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Pemasaran Melalui Pelatihan Whatsapp Business Pada UMKM. Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 137–148. https://doi.org/10.31537/dedication.v4i2.362

Waty, E. N., Febriyanti, A., & Monica, T. R. (2024). Pengelolaan UMKM Bagi Pelaku UMKM Di Kecamatan Rumbai. Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 168–177.

Downloads

Published

2025-09-30

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.