Penguatan Pengetahuan Gizi melalui Penerapan Pola Diet 7 Day Dash Eating Plan GERD
DOI:
https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.381Keywords:
Diet DASH, Gizi Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), PengetahuanAbstract
Penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) menunjukkan peningkatan prevalensi, termasuk di kalangan remaja, akibat pola makan tidak sehat dan gaya hidup modern. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa SMA dalam pencegahan GERD melalui pendekatan edukatif menggunakan metode 7 Day DASH Eating Plan, yang merupakan penerapan baru dalam edukasi gizi di lingkungan sekolah menengah. Kegiatan dilaksanakan di SMAN 1 Meureubo dengan melibatkan 20 siswa, menggunakan metode edukasi interaktif, simulasi penyusunan menu sehat, dan pembagian booklet panduan. Hasil pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan siswa sebesar 70%, disertai perubahan positif pada pemahaman, sikap, dan perilaku terkait pola makan sehat. Kebaruan program ini terletak pada integrasi diet DASH sebagai strategi praktis, terstruktur, dan mudah diadaptasi oleh remaja, yang sebelumnya lebih banyak diterapkan pada populasi dewasa dengan penyakit kardiovaskular. Temuan ini memiliki relevansi luas dalam konteks kesehatan masyarakat karena menawarkan model promosi kesehatan berbasis sekolah yang dapat direplikasi untuk menurunkan risiko penyakit pencernaan dan non-komunikabel sejak remaja.
References
Fahriska Hasibuan, W., Aida Larasati, T., Aulia Syahdifva Harahap, N., Shanel, B., Lap Golf, J., Tengah, K., Pancur Batu, K., & Deli Serdang, K. (2024). Pola Makan Remaja sebagai Faktor Risiko Penyakit Gerd. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Gizi, 2(3), 32–41. https://doi.org/10.55606/jig.v2i3.3019
Fass, R., Boeckxstaens, G. E., El-Serag, H., Rosen, R., Sifrim, D., & Vaezi, M. F. (2021). Gastro-oesophageal reflux disease. Nature Reviews. Disease Primers, 7(1), 55. https://doi.org/10.1038/s41572-021-00287-w
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2023). “Profil Kesehatan Indonesia 2022.”https://kemkes.go.id/id/profil-kesehatan-indonesia-2022.
Kim, Y. S., Kim, N., & Kim, G. H. (2020). Global and Asian epidemiology of GERD: A systematic review. Journal of Neurogastroenterology and Motility, 26(2), 171–180. https://doi.org/10.59870/jurkep.v12i1.121
Lee, H. Y., et al. (2020). Effectiveness of DASH-based nutrition education for adolescents in reducing gastrointestinal risk. Korean Journal of Health Promotion, 20(4), 312–320.
Leiman, D. A., & Metz, D. C. (2019). Gastroesophageal Reflux Disease. Clinical Gastrointestinal Endoscopy, June, 268–278. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-41509-5.00024-4
Mohebbi, M., Daryani, N. E., & Jafari, M. (2022). DASH diet and gastrointestinal health: A review of the evidence. Journal of Digestive Disorders, 11(1), 33–40. https://doi.org/10.32660/jpk.v9i2.677
National Heart, L. and B. I. (2015). Lowering Your Blood Pressure With DASH.
Nurromsyah Nasution; Dinda Rahmadaningsih; Orita Satria. (2024). Animated video education on the level of knowledge of Gastroesophageal Reflux Disease ( GERD ) in teenager. Science Midwifery, 12(3).
Nurromsyah Nasution; Orita Satria. (2023). Pengaruh Pola Diet DASH Terhadap Kejadian Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) Pada Remaja. 6(2), 941–947. https://doi.org/10.47672/ejhs.1212
Nurromsyah Nasution; Orita Satria. (2025). The relationship between diet and events Gastroesophageal Reflux Disease ( GERD ) inteenager. Journal of Midwifery and Nursing, 7(1), 47–51.
Phillips, R., & Pittman, R. H. (2015). An introduction to community development. Routledge. https://doi.org/10.30743/ibnusina.v22i1.363
Piccirillo, M., Pucinischi, V., Mennini, M., Strisciuglio, C., Iannicelli, E., Giallorenzi, M. A., Furio, S., Ferretti, A., Parisi, P., & Di Nardo, G. (2024). Gastrointestinal bleeding in children: diagnostic approach. Italian Journal of Pediatrics, 50(1), 1–12. https://doi.org/10.1186/s13052-024-01592-2
World Gastroenterology Organization. (2015). Practice Guidelines: Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurromsyah Nasution, Orita Satria, Samsidar Samsidar, Zakiyah Zakiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

