Penyuluhan Literasi Keuangan Digital di MIS Al-Hidayah CK Medan

Authors

  • Bister Purba Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Muhammad Iqbal Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Rovidatul Hikmah Tanjung Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Fera Damayanti Politeknik Negeri Medan, Indonesia
  • Efori Bu’ulolo Politeknik Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.347

Keywords:

Digital Education, Era Digital, Pengabdian Kepada Masyarakat, Medan, Penyuluhan, Sekolah, Siswa

Abstract

Siswa sekolah dasar saat ini tumbuh di era kemajuan teknologi yang sangat cepat, sehingga mereka semakin terbiasa menggunakan internet, perangkat digital, dan berbagai aplikasi berbasis teknologi. Kondisi ini menunjukkan pentingnya memberikan edukasi sejak dini mengenai literasi keuangan digital secara bijak serta pemahaman akan risiko yang mungkin timbul dari penggunaan layanan keuangan berbasis digital. Kegiatan ini dilakukan di MIS Al-Hidayah CK Medan dengan menggunakan metode audio-visual, diskusi interaktif, dan tanya jawab sederhana dan diikuti murid kelas 5 dengan melibatkan beberapa guru MIS Al- Hidayah CK Medan. Berdasarkan hasil analisis melalui kuisioner dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan kegiatan penyuluhan literasi keuangan digital ini menunjukkan hasil yang cukup signifikan dalam peningkatan pemahaman siswa MIS Al-Hidayah CK Medan terkait literasi keuangan digital. Peningkatan sebesar 42,71% dari hasil pre-test ke post-test mencerminkan bahwa penerapan metode penyuluhan yang interaktif dan  partisipatif seperti pendekatan dalam kehidupan sehari-hari, permainan interaktif, video animasi edukatif, serta diskusi mampu menciptakan suasana kegiatan yang kondusif dan mendorong keterlibatan aktif siswa. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan tersebut sesuai dengan karakteristik perkembangan usia anak-anak dan sangat efektif dalam membangun pondasi literasi keuangan digital sejak dini.

References

Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan untuk Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. https://doi.org/10.54082/jamsi.42

Aravik, H., & Tohir, A. (2022). Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Palembang. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.429

Damanik, D., Erfiyana, N., Simanjuntak, R., Simanjuntak, M., Tarigan, H. E., Mai Evi, P. A., & Marbun, R. (2023). Sosialisasi Literasi Keuangan Dan CBP Rupiah Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Simalungun. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 3(1), 49–54. https://doi.org/10.36985/jpmsm.v3i1.617

Dja’far, H. I., Rizkiyah, N., Sahrazad, S., Manurung, L., & Abdillah, A. (2021). Penguatan Literasi Keuangan Melalui Penyuluhan dan Pendampingan Siswa SMK Kota Bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 51–56. https://doi.org/10.54082/jamsi.11

Effendi, N., Priyono, A. F., Ervani, E., Sapulette, M. S., & Dewi, V. I. (2022). Pelatihan Literasi Keuangan Digital kepada Pengusaha Mikro di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 81–90.

Fisabilillah, L., Seno Aji, T., & Setiawan Prabowo, P. (2021). Literasi Keuangan Digital Sebagai Upaya Pembekalan UMKM Kampung Binaan Go Digital. DINAMIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–69. https://doi.org/10.33752/dinamis.v1i2.501

García-Carrión, R., López de Aguileta, G., Padrós, M., & Ramis-Salas, M. (2020). Implications for Social Impact of Dialogic Teaching and Learning. Frontiers in Psychology, 11(February), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.00140

H. Raztiani, & Indra, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PendidikAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA, 2(1), 72–86.

Harjanti, R. S. (2024). Peningkatan Pemahaman Literasi Keuangan Digital Sebagai Bekal Berwirausaha pada Siswa SMK Al Irsyad Kota Tegal Increasing Understanding of Digital Financial Vocational High School Students , Tegal City. 8(4), 900–908.

Hatidja, S. T., Rasyid, A., Ula, R., Fauzi, A., Oktora, R., Santosa, T. A., & Yastanti, U. (2025). The Effectiveness of Financial Literacy Education on Children ’ s Economic Decision-Making : A Meta- Analysis Approach. 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31004/obsesi.v9i1.6738

Hikmah, Y. (2020). Literasi Keuangan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 103. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16780

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.

Mancone, S., Tosti, B., Corrado, S., Spica, G., Zanon, A., & Diotaiuti, P. (2024). Youth, money, and behavior: the impact of financial literacy programs. Frontiers in Education, 9(2014). https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1397060

Maulani, M., & Ismiatun, A. N. (2023). Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Analisis Pengembangan Keterampilan Literasi Dan Numerasi, 1(2), 372-378.

Murugiah, L., Ismail, R., Taib, H. M., Applanaidu, S. D., & Long, M. N. H. B. H. (2023). Children’s understanding of financial literacy and parents’ choice of financial knowledge learning methods in Malaysia. MethodsX, 11(September). https://doi.org/10.1016/j.mex.2023.102383

Nasution, S. W., Sari, A. V., & Anggraini, D. P. (2023). Optimalisasi Minat Baca untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa MTsN Binjai. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(6), 743–748. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i6.253

Park, S. Y. (2023). 중장년 여성학습자의 금융이해력(Financial Literacy) 향상을 위한 요구 탐색 – 금융행위를 중심으로. Korean Association for Adult and Continuing Education, 14(1), 27–59. https://doi.org/10.20512/kjace.2023.3.31.27

Perkasa, D. H., Purwanto, S., Ariani, M., Vitriani, N., & Parashakti, R. D. (2024). Literasi Keuangan Untuk Siswa SMKN 16 Jakarta Pusat. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 109–116. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v7i1.3696

Pratama, M. P., & Hasanah, F. N. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Minat Belajar Siswa Mata Pelajaran Ipa Sd. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 311–319. https://doi.org/10.29100/.v6i1.4454

Purnomo, R. F., Alie, M. S., Oktaria, E. T., Sekarsari, M., & Rini, P. (2024). Sosialisasi Pengelolaan Umkm Dengan Meningkatkan Literasi Keuangan Digital Di Desa Wisata Way Tebing Cepa Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian UMKM, 3(2), 93–98. https://doi.org/10.36448/jpu.v3i2.64

Putri, V. Y., Halim, R. M., Fahira, T. N., & Janice, S. N. (2023). Keuangan generasi z: Tingkat literasi dalam rangka peningkatan inklusi keuangan digital. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 6(2), 188–200. https://doi.org/10.33474/jipemas.v6i2.19068

Rindi, S. D. D. I., Ekonomi, F., Humaniora, B., Kristen, U., & Wacana, W. (2024). SOSIALISASI LITERASI KEUANGAN BAGI SISWA SEKOLAH DASAR FINANCIAL LITERACY SOCIALIZATION FOR PRIMARY SCHOOL ( SD ) STUDENTS IN RINDI. 4(1), 33–41.

Sari, D. C., Nasution, S. H., Syahlina, M., & Medina, L. (2025). PENYULUHAN MEMBANGUN KESADARAN MENABUNG SEJAK DINI PADA MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA AL-HIDAYAH CINTA KARYA MEDAN Pendahuluan Di era digital dan konsumtif seperti sekarang , anak-anak sudah sangat akrab 114 J u r n a l P e n g a b d i a n k e p a d a M a s . 114–124.

Suarantalla, R., Aliyah, J., & Tryana, A. L. (2023). Melangkah ke Era Digital: Sosialisasi Literasi Keuangan untuk Transaksi Non Tunai. Parta: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 82–89. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4417

Yudin, J., Wijaya, D. T., & Nuratipa, D. L. (2024). Edukasi Literasi Keuangan di Sekolah Dasar Negeri. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.26646

Downloads

Published

2025-09-30