Branding Desa Mawar Karangpring melalui Bakpia Mawar dan Kartini Ecopreneur

Authors

  • Regina Niken Wilantari Universitas Jember, Indonesia
  • Bayu Aprillianto Universitas Jember, Indonesia
  • Nining Ika Wahyuni Universitas Jember, Indonesia
  • Winda Amilia Universitas Jember, Indonesia
  • Isti Fadah Universitas Jember, Indonesia
  • Markus Apriono Universitas Jember, Indonesia
  • Siti Maria Wardayati Universitas Jember, Indonesia
  • Intan Nurul Awwaliyah Universitas Jember, Indonesia
  • Aldi Agustriono Universitas Jember, Indonesia
  • Ririn Irmadariyani Universitas Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.35335/lebah.v19i1.294

Keywords:

Bakpia Mawar, Bunga Mawar, Inovasi Produk Kartini Ecorpreneur, PKK

Abstract

Desa Karangpring berlokasi di Kabupaten Jember yang memiliki potensi alam yang signifikan, terutama dalam budidaya bunga mawar. Berdasarkan survei dan diskusi dengan masyarakat setempat, bunga mawar selama ini lebih banyak dijual sebagai sarana ziarah dan persembahan untuk pemakaman, sehingga belum mampu memperkuat citra Desa Karangpring sebagai "Desa Mawar." Aparatur desa dan warga setempat memerlukan pendampingan dalam pengolahan produk berbahan dasar mawar, tidak hanya untuk memperkuat branding desa, tetapi juga untuk meningkatkan nilai ekonomi dari bunga mawar. Program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Keris-Dimas ESG FEB Universitas Jember bertujuan untuk memperkuat branding Desa Karangpring sebagai "Desa Mawar" melalui program Kartini Ecopreneur dan inovasi produk bakpia mawar. Luaran dari program ini meliputi: 1) pembentukan kelompok Kartini Ecopreneur yang bertanggung jawab dalam keberlanjutan pengolahan mawar menjadi bakpia mawar untuk tujuan komersial, 2) terciptanya produk bakpia mawar inovatif dengan cita rasa unik dan lezat berbahan dasar mawar, serta 3) pengembangan branding bakpia mawar melalui pembuatan logo dan kemasan produk

References

Anjarsari, I. R. D. (2022). Pemanfaatan Bunga Mawar Untuk Konsumsi Di Desa Cileles Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Dharmakarya, 11(2), 172. https://doi.org/10.24198/dharmakarya.v11i2.33491

Aprillianto, B., Shulthoni, M., Roziq, A., & Komariyah, S. (2024). The Role of Village Government to Manage Tourism Object in Increasing the Locally-Generated Revenue in Panti District Jember Regency. KnE Social Sciences, 2024(10), 22–29. https://doi.org/10.18502/kss.v9i10.15692

Aprillianto, B., Sulistyo, A. B., Maharani, B., Wulandari, G. A., Miqdad, M., Wulandari, N., & Mas’ud, I. (2024). MEMBANGUN CITRA GLOBAL DARI AKAR LOKAL: PENDEKATAN REBRANDING INOVATIF BAGI UMKM DESA SERUT, KABUPATEN JEMBER DALAM KONTEKS GLOKALISASI. 11, 1791–1798.

Aprillianto, B., Wahyuni, N. I., Apriono, M., Fadah, I., Wilantari, R. N., Pratama, T. K., Adhani, B. F., & Agustriono, A. (2024). Rekonstruksi Destinasi Wisata Selo Bonang Desa Panduman Berbasis Geopark Argopuro Purba. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 5(2), 465–477. https://doi.org/10.35870/jpni.v5i2.852

Astianto, M. H., Puidi, H., Sopansyah, L. A., & Muljono, A. B. (2024). Pemberdayaan Perempuan Dalam Proses Pembinaan Kelompok UMKM Jeger Buana Lombok Pada Kegiatan Magang Industri di PT . Vena Energy.

Budi Sulistiyo, A., Aprillianto, B., Maharani, B., Widiyanti, N. W., Wulandari, G. A., & Miqdad, M. (2023). Revitalization of Pandhalungan Creative Economy through Business Model Canvas Mapping for MSMEs in Serut Village, Jember Regency. AJAD : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 107–113. https://doi.org/10.59431/ajad.v3i2.184

CNN, I. (2021). 7 Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan : Kulit hingga Pencernaan. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20211028143322-255-713640/7-manfaat-air-mawar-untuk-kesehatan-kulit-hingga-pencernaan/2

Hasan, M., Noercahyo, A., Rani, A. E., Salshabilla, N. A., & Izzati, S. N. (2021). Pengembangan Ekonomi Kreatif Sektor Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 125–138. https://doi.org/10.26740/jepk.v9n2.p125-138

Ihsan Ramadhan Al-’Afif. (2022). ANALISIS PENDAPATAN AGROINDUSTRI KERUPUK SAGU DI KECAMATAN TEBING TINGGI KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI (Studi Kasus pada Usaha Mandiri Bunga Mawar). Jurnal Agribisnis, 24(1), 173–183. https://doi.org/10.31849/agr.v24i1.7997

Imran, A. (2023). Literature Review : Potensi Tanaman Mawar Merah (Rosa damascena) Beserta Kandungan Senyawa di Dalamnya. Biocaster : Jurnal Kajian Biologi, 3(3), 119–129. https://doi.org/10.36312/biocaster.v3i3.193

Jefri, U., & Ibrohim, I. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Berbasis Ekonomi Kreatif di Kecamatan Puloampel Kabupaten Serang Banten. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 7(1), 86. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.730

Larissa Diva Nabilah, & Sonja Andarini. (2023). Penyuluhan Tentang Pentingnya Inovasi dan Kemasan dalam Penerapan Digital Marketing di Era Revolusi Industri 4.0 pada UMKM di Desa Ngepoh. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 67–77. https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v2i3.174

LIBRINA TRIA PUTRI, LITRA DIANTARA, HENDRIZAL, MUSTAFA KAMAL, AUZAR ALI, & AMRI QADAR. (2023). Pelatihan Peningkatan Pengetahuan Tentang Pentingnya Inovasi Dan Networking Dalam Menjalankan Usaha Bagi Umkm Wanita Di Bangkinang Kota Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 7(2), 238–243. https://ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/1453/972

Lumantow, R. Y., & Kawet, R. C. (2023). PEMBERDAYAAN UMKM WANITA DESA WAKAN KECAMATAN AMURANG BARAT MINAHASA SELATAN. 11(3), 1–11.

Machmuda, I., & Aminah, S. (2024). Strategi Branding Dalam Penguatan Produk “ Madestrong . id .” 5(4), 5077–5082.

Marzuki, F., Manggabarani, A. S., N, F., & Saragih, G. (2023). Pemberdayaan UMKM Wanita Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga (Desa Margamulya Kec. Cileles Lebak Banten). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 10201–10204. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.3400

Mawar, B., & Aslami, N. (2021). Strategi Pemasaran Bisnis Internasional Pada UMKM Pasar Petisah Di Masa COVID 19. 2, 6.

Muna, G. A. S., Ardani, W., & Putri, I. A. S. (2022). Penguatan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan melalui Presedensi G20 pada Era Pandemi Covid 19 pada UMKM di Bali. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen Dan Sumberdaya, 1(1), 21–27. https://doi.org/10.54371/jms.v1i1.163

Nurcahya, Y., Mudjalipah, S., Yosita, L., & Mardiani, M. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Bunga Mawar Dan Bunga Krisan Menjadi Sabun Mandi Padat Kepada Petani Bunga Lembang. Lentera Karya Edukasi, 1(1), 54–60. https://doi.org/10.17509/lekaedu.v1i1.33557

Purhita, E. J., Nugroho, S., Widiastuti, S., Zainudin, A., H.B.N.MS, A., & Fitrianto, Y. (2023). Peningkatan Kapasitas SDM dalam Memahami Pentingnya Branding dan Packaging Produk UMKM Desa. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(4), 4455–4462.

Purnamawati, I., Sayekti, Y., Irmadariyani, R., Maharani, B., & Aprillianto, B. (2023). Scale-Up Usaha Bumdes Sidomulyo, Desa Serut Kabupaten Jember Melalui Pemetaan Potensi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Abdimas Indonesia, 3(1), 96–110. https://doi.org/10.53769/jai.v3i1.438

Puspasari, E. D., Asmara, R., & Riana, F. D. (2017). the Marketing Efficiency Analysis of Rose Cut Flower (Case Study in Gunungsari Village, Bumiaji Subdistrict, Batu City). Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis (JEPA), I(2), 1–7.

Rahayu, D. S., & Dahlia, E. (2024). Pentingnya Branding Pada Kemasan Dan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Umkm Desa Ciparay. 1(2), 55–67.

Sari, N. N., Suprapto, B., Api Adyantari, & Vonezyo Yupanzara Dharomesz. (2023). Strategi Pemasaran Digital, Branding dan Survei Pasar Produk Olahan Mawar Sapuangin. Jurnal Atma Inovasia, 3(5), 423–432. https://doi.org/10.24002/jai.v3i5.7750

Setyomantoro, T., & Muin, R. E. (2025). Peningkatan Daya Saing Desa Wisata Gunung Cilik Melalui Produk Minuman Khas Wedang Pinus Dewi Guci. 5(3), 289–296.

Sukartaatmadja, S., Hermawan, Y., & Silaen, U. (2023). Pengembangan Kualitas Produk UMKM Melalui Inovasi Kemasan dan Digital Marketing Kelurahan Gudang Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 4(1), 31–34. https://doi.org/10.37641/jadkes.v4i1.2423

Yani, P., Redy Susila, M., Cahyo Nugroho, W., & Widiarto, H. (2022). Pemberdayaan Digital Marketing Bagi. 1, 1–11.

Downloads

Published

2025-09-30