Memahami Dampak Bullying pada Siswa Sekolah Menengah: Dampak Emosional, Psikologis, dan Akademis, serta Implikasi untuk Kebijakan dan Praktik Sekolah

Authors

  • Risdawati Vazai Astifionita Fakultas Humaniora dan Ilmu Pendidikan, Universitas Katolik Musi Charitas, Palembang, Indonesia

Keywords:

Penindasan, Sekolah Menengah, Dampak Emosional, Efek Psikologis, Strategi Anti-Penindasan

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pengalaman siswa sekolah menengah dalam menghadapi perundungan, dengan fokus pada berbagai bentuk perundungan verbal, sosial, fisik, dan siber serta dampak emosional, psikologis, dan akademisnya. Penelitian ini meneliti bagaimana siswa menanggapi perundungan, termasuk mencari bantuan dari orang dewasa, mengandalkan dukungan teman sebaya, penghindaran, dan pembalasan. Penelitian ini juga menyelidiki implikasi bagi sekolah, dengan menekankan perlunya kebijakan anti-perundungan yang komprehensif, iklim sekolah yang positif, dan sistem pendukung yang efektif bagi korban dan pelaku. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa perundungan memiliki dampak yang mendalam dan bertahan lama pada siswa, yang menyebabkan peningkatan kecemasan, depresi, penurunan akademis, dan isolasi sosial. Penelitian ini menyoroti peran penting sekolah dalam mengatasi perundungan melalui tindakan proaktif dan keterlibatan masyarakat, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung yang menumbuhkan kesejahteraan siswa dan keberhasilan akademis.

References

Adhha, N. (2020). Pemulihan perempuan korban kekerasan: analisis perspektif hukum positif dan hukum Islam. Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ananda, R. S., Abd, D., & Bustamam, N. (2019). Fenomena drop out tingkat SMA se-kota Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(2).

Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi anak berkebutuhan khusus. psikosain.

Fukuyama, F. (2005). Guncangan besar: Kodrat manusia dan tata sosial baru. Gramedia Pustaka Utama.

Indasari, S. R., Wijaya, A., Layuk, M., Sambo, M. S., Indrawati, M., & Mangunsong, F. (2020). Buku saku dukungan psikososial bagi guru & siswa tangguh di masa pandemi covid-19. Tangerang Selatan: Wahana Visi Indonesia.

Irmansyah, D., & Apriliawati, A. (2018). Hubungan Dukungan Orangtua dengan Resiliensi Remaja Dalam Menghadapi Perilaku Bullying di SMPN 156 Kramat Pulo Gundul Jakarta Pusat Tahun 2016. Indonesian Journal of Nursing Sciences and Practice, 1(1), 8–17.

Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.

Juliningrum, E., & Sudiro, A. (2014). Pengaruh kompensasi, budaya organisasi, terhadap motivasi kerja dan kinerja pegawai. Jurnal Aplikasi Manajemen, 11(4), 655–676.

Kamaruzzaman, K. (2016). Analisis faktor penghambat kinerja guru bimbingan dan konseling sekolah menengah atas. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.

Latifah, U. N. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Peningkatan Pemahaman Perilaku Bullying (Penelitian pada Siswa Kelas X IS1 SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Marasaoly, S. (2022). Pencegahan Perundungan (Bullying) Terhadap Siswa SD Dan SMP Dalam Implementasi Kota Peduli Ham Di Kota Ternate. Politica: Jurnal Hukum Tata Negara Dan Politik Islam, 9(2), 94–112.

Maulana, H. D. J., & Sos, S. (2009). Promosi kesehatan.

Ns, E. M. Y. S. K., Kep, M., Ns, A. N. E. S. K., & Kep, M. (2020). Remaja dan Konformitas teman sebaya. Ahlimedia Book.

Nurdianto, A. R., Zamroni, M., & Miarsa, F. R. D. (2018). Bullying Pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran Di Indonesia Ditinjau Dari Aspek Hukum Dan Ham. Community Medicine, 25(3), 211–216.

Pinasti, W. (2011). Pengaruh self-efficacy, locus of control dan faktor demografis terhadap kematangan karir mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Purwanti, A. (2020). Kekerasan Berbasis Gender.

Sari, N. M. D. S., Suastini, K., Anggawati, P. D. Y., Dinanti, D. P., Putri, N. L. W. A., & Ardianti, N. P. K. (2024). Mencegah Bully di Sekolah Dasar. Nilacakra.

Setiyanawati, T. (2023). Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Atas di Lingkungan Sekolah. Journal of Innovation Research and Knowledge, 3(5), 1135–1148.

Suhendar, R. D. (2018). Faktor-faktor penyebab perilaku bullying siswa di SMK triguna utama ciputat tangerang selatan. Jakarta: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri ….

Suksma, C., Ramadhanti, A., Surur, M., & Yuliana, D. (2024). Analisis Tindak Perundungan Verbal Pada Proses Pembelajaran: Dampak Pada Motivasi dan Prestasi Belajar Siswi Kelas X Studi Kasus di Madrash Aliyah Negeri 2 Situbondo. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 103–115.

Susilowati, E. (2013). Kematangan emosi dengan penyesuaian sosial pada siswa akselerasi tingkat SMP. Jurnal Online Psikologi, 1(01), 101–113.

Syah, S., Setiadi, R., Sobari, W., Priyanto, A. T., & Kokkang, W. (2015). Media dan pelayanan publik: cara media memperbaiki pelayanan publik di Jawa Timur. Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP).

Tanjung, A., Marwah, P., Melati, R., Setiawati, T., & Nadiya, U. (2024). Membangun Karakter Peserta Didik Dengan Menanamkan Sikap Stop Bullying Di SD N 106 AEK Galoga. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(1), 129–136.

Zakiyah, B. (2019). Perilaku Bullying Pada Santri Remaja Putri (Studi Kasus Di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah II Lirboyo Kediri). IAIN Kediri.

Zebua, R. S. Y., Hendriyani, C., Sukmadewi, R., Thaha, A. R., Tahir, R., Purbasari, R., Novel, N. J. A., Dewintari, P., Paramita, C. C. P., & Hierdawati, T. (2023). BISNIS DIGITAL: Strategi Administrasi Bisnis Digital Untuk Menghadapi Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Astifionita, R. V. (2024). Memahami Dampak Bullying pada Siswa Sekolah Menengah: Dampak Emosional, Psikologis, dan Akademis, serta Implikasi untuk Kebijakan dan Praktik Sekolah. Lebah, 18(1), 36–46. Retrieved from https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/238