Menggali Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa: Pendekatan Pedagogis dan Integrasi Kurikulum

Authors

  • Olivia Afriani Putri Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Nusantara

Keywords:

Pengembangan Kreativitas, Pendekatan Pedagogis, Integrasi Kurikulum, Pendidikan Agama Islam (IRE), Inovasi Pendidikan

Abstract

Penelitian ini meneliti peran Pendidikan Agama Islam (IRE) dalam menumbuhkan kreativitas siswa, dengan fokus pada bagaimana kurikulum dan metode pengajaran agama memengaruhi potensi kreatif. Karena IRE secara tradisional menekankan pengetahuan agama dan pengembangan moral, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana aspek-aspek ini juga dapat berkontribusi pada pertumbuhan kreatif. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran, penelitian ini mengintegrasikan survei kuantitatif dan wawancara kualitatif dengan siswa dan pendidik, serta observasi kelas. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa IRE berdampak positif pada kreativitas melalui berbagai mekanisme, termasuk integrasi proyek seni keagamaan yang kreatif, refleksi moral dan etika dalam tugas, dan pembelajaran berbasis proyek. Praktik-praktik ini memberi siswa kesempatan untuk menerapkan ajaran agama dengan cara yang inovatif, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan imajinatif mereka. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi keterbatasan, seperti kendala menghafal tradisional dan perlunya pendekatan pedagogis yang lebih fleksibel dan kreatif. Implikasinya bagi para pendidik, pembuat kebijakan, dan pengembang kurikulum sangatlah signifikan. Para pendidik didorong untuk mengadopsi metode pengajaran yang kreatif dan memasukkan refleksi moral ke dalam pelajaran mereka. Para pembuat kebijakan harus mendukung reformasi kurikulum dan pengembangan profesional yang mempromosikan praktik kreatif dalam IRE. Para pengembang kurikulum disarankan untuk merancang program yang memadukan konten keagamaan dengan kegiatan yang inovatif dan interdisipliner.

References

Aladdiin, H. M. F., & Ps, A. M. B. K. (2019). Peran Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah dalam Membentuk Karakter Kebangsaan. Jurnal Penelitian Medan Agama, 10(2).

Baedowi, A. (2012). Calak Edu 2: Esai-esai Pendidikan 2008-2012 (Vol. 1). Pustaka Alvabet.

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga.

Eko, S., Khasanah, T. I., Widuri, D., Handayani, S., Handayani, N., & Qomariyah, P. (2014). Desa membangun indonesia. Yogyakarta: Forum Pengembangan Pembaharuan Desa (FPPD).

Erikha, F. (2018). Geliat aksara dan bahasa ganda dalam papan nama jalan di Indonesia. Kumpulan Makalah Seminar Dan Lokakarya Pengutamaan Bahasa Negara. Lanskap Bahasa Di Ruang Publik: Dimensi Bahasa, Sejarah, Dan Hukum, 226–238.

Ernawati, L. (2017). Pengembangan High Order Thinking (HOT) melalui metode pembelajaran mind banking dalam pendidikan agama Islam. 1st International Conference on Islamic Civilization Ans Society (ICICS), 189–201.

Fahmie Anwar, H. (2020). PERILAKU SOSIAL SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 PURBALINGGA YANG SENANG BERMAIN GAME ONLINE. IAIN PURWOKERTO.

Faturahman, B. M. (2018). Kepemimpinan dalam budaya organisasi. Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan, 10(1), 1–11.

Fitriani, A. (2017). Peran religiusitas dalam meningkatkan psychological well being. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 11(1), 57–80.

Magdalena, M. (2018). KESENJANGAN PENDEKATAN MODEL PEMBELAJARAN CONVENTIONAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PANCASILA DI PROGRAM STUDI TEKNIKA AKADEMI MARITIM INDONESIA –MEDAN. Warta Dharmawangsa, 58.

Morrisan, M. A. (2012). Metode penelitian survei. Kencana.

Mudawam, S. (2012). Syari’ah-Fiqih-Hukum Islam: Studi tentang Konstruksi Pemikiran Kontemporer. Asy-Syir’ah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Hukum, 46(2).

Mustofa, M. (2015). Metodologi penelitian kriminologi. Prenada Media.

Nursalim, A., & Verdianto, N. (2020). Dinamika Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah: Studi Perbandingan Penerapan Subject Centered Curriculum di Kabupaten Bekasi. Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 16(2), 173–187.

Pajrin, N. A. S., Asyafah, A., & Anwar, S. (2019). Studi Prosedur Penilaian Domain Afektif Oleh Guru PAI Di Smp Negeri 2 Bandung Dan Smp Salman Al-Farisi Bandung. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 157–175.

Purwantiningsih, A., Suharso, P., & Ismaya, E. A. (2018). Pendidikan Untuk Memecahkan Masalah Bangsa Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru (Belajar dari Pengalaman Jepang). REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

Rahman, M. H., Kencana, R., & NurFaizah, S. P. (2020). Pengembangan nilai moral dan agama anak usia dini: panduan bagi orang tua, guru, mahasiswa, dan praktisi PAUD. Edu Publisher.

Septiani, A. (2016). Peranan Komunitas Jendela Dalam Meningkatkan Minat Baca Untuk Anak Kurang Mampu (Studi Kasus Di Komunitas Jendela Jakarta Cabang Serpong, Tangerang Selatan). UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

Soetrisno, E. (2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana.

Sopacua, E. E. D., & Rahardjo, M. M. (2020). Persepsi guru senior terhadap pembelajaran tematik pada pendidikan anak usia dini di Salatiga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 153–167.

Suryadi, B. (n.d.). Pandangan siswa terhadap peran bimbingan konseling dalam mengatasi tawuran pelajar di SMK Baskara Depok.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan sosial media whatsapp pengaruhnya terhadap disiplin belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (Studi kasus di SMK Analis Kimia YKPI Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1–22.

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori belajar dan Model-model pembelajaran. Puri cipta media.

Winarno, B. (2014). Dinamika isu-isu global kontemporer. CAPS.

Yadi, A. (2020). Komunikasi dan kebudayaan Islam di Indonesia. Kalijaga Journal of Communication, 2(1), 47–60.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Putri, O. A. (2024). Menggali Peran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa: Pendekatan Pedagogis dan Integrasi Kurikulum. Lebah, 18(1), 28–35. Retrieved from https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/237