Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskriptif di Sekolah Dasar melalui Model Pemetaan Pikiran: Sebuah Studi Kuasi-Eksperimental

Authors

  • Dhea Sensya Anastasya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi

Keywords:

Pemetaan Pikiran, Penulisan Deskriptif, Pendidikan Dasar, Instruksi Penulisan, Intervensi Pendidikan

Abstract

Studi ini meneliti efektivitas model Pemetaan Pikiran dalam meningkatkan keterampilan menulis deskriptif di kalangan siswa sekolah dasar. Dengan menggunakan desain kuasi-eksperimental, penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelompok perlakuan yang menggunakan Pemetaan Pikiran dan kelompok kontrol yang menerima instruksi menulis deskriptif tradisional. Selama periode delapan minggu, penelitian ini menilai peningkatan dalam penulisan deskriptif siswa melalui contoh tulisan sebelum dan sesudah intervensi, survei, dan pengamatan guru. Hasilnya menunjukkan bahwa model Pemetaan Pikiran secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa. Siswa dalam kelompok perlakuan menunjukkan peningkatan yang nyata dalam detail deskriptif, koherensi, dan kreativitas dibandingkan dengan mereka yang berada dalam kelompok kontrol. Umpan balik positif dari siswa dan guru menyoroti efektivitas model dalam meningkatkan keterlibatan dan mendukung keterampilan berorganisasi. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti bahwa Pemetaan Pikiran adalah alat yang berharga untuk meningkatkan instruksi menulis deskriptif. Temuan ini mendukung integrasi Pemetaan Pikiran ke dalam praktik pendidikan untuk meningkatkan kualitas menulis dan keterlibatan siswa, menawarkan pendekatan yang menjanjikan untuk mengatasi tantangan umum dalam pendidikan menulis deskriptif.

References

A’isyah, S. (2018). PENGARUH KECERDASAN LINGUISTIK, KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS, DAN KECERDASAN SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP/MTs. DI KECAMATAN CERME. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Akasahtia, L. T. (2021). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab:(Menggelitik Pakem) Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, & Menyenangkan. CV. DOTPLUS Publisher.

Aziz, A. (2022). Identifikasi Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Ips Tematik Siswa Kelas V Di Min 4 Ponorogo. IAIN Ponorogo.

Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. (2019). Pemanfaatan google classroom sebagai media pembelajaran online di universitas dian nuswantoro. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 225–233.

Hermawati, R. (2009). Penerapan metode peta pikiran (mind mapping) untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Salatiga. UNS (Sebelas Maret University).

Kurnia, K., Samad, P., & Wahab, A. (2024). Meningkatkan Penulisan Konten Instagram untuk Promosi Pariwisata di Sulawesi Barat. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 388–399.

Meilita, I. M., Asbari, M., & Timur, L. S. (2023). Pendidikan Melalui Permainan: Membangun Kreativitas dan Inovasi pada Generasi Digital. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(5), 68–72.

Munawar, Z., Kom, M., Putro, A. N. S., Astuti, R., Setiadi, A., Kom, M., Dotulong, F. V, Legito, S. T., Kom, M., & Ahmad, I. (2023). Konsep Dasar Pengenalan Ilmu Komputer. Cendikia Mulia Mandiri.

Mustopa, R. A., & Damaianti, V. S. (2018). METODE PETA PIKIRAN BERBASIS SKEMA INFORMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAHAMI TEKS PADA SISWA BERKESULITAN MEMBACA PEMAHAMAN. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 1253–1262.

Nurhayati, S., & Rochmiyati, S. (2023). MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS PARAGRAF DESKRIPTIF MENGGUNAKAN PJBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN CANGKRINGAN 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 4930–4939.

Rahma, U., & Dara, Y. P. (2017). Psikologi Pendidikan: Aplikasi Teori Di Indonesia. Universitas Brawijaya Press.

Rukminingsih, G. A., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).

Rustaman, N. Y. (2011). Pendidikan dan penelitian sains dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi untuk pembangunan karakter. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 8(1), 15–34.

Suralaga, F. (2021). Psikologi pendidikan: Implikasi dalam pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Syamaun, N. (2016). Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 343–359.

TARIGAN, E. (2021). PENGGUNAAN MOTODE DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS.

Utama, A. W., Rohim, F. N., Tiranita, G., Prihartanti, N., & Saddhono, K. (2024). INOVASI DALAM PEMBELAJARAN BIPA: PEMANFAATAN DODOL GARUT SEBAGAI PENGAJARAN KULINER YANG MENARIK. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(1), 15–26.

Wahyuni, S., Febriansyah, G., Karimaliana, S. S., & Jasrial, D. (2023). Metodologi Pendidikan Bahasa. Cendikia Mulia Mandiri.

Wardiah, D. (2017). Peran storytelling dalam meningkatkan kemampuan menulis, minat membaca dan kecerdasan emosional siswa. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 15(2), 42–56.

Widiastuti, T. (2015). Wacana poskolonial dalam desain komunikasi visual kemasan jamu tradisional Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(1), 1–15.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Anastasya, D. S. (2024). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskriptif di Sekolah Dasar melalui Model Pemetaan Pikiran: Sebuah Studi Kuasi-Eksperimental. Lebah, 18(1), 11–18. Retrieved from https://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/234