Penerapan sikap sopan santun kepada siswa di mda al-idris
DOI:
https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.60Keywords:
Madrasah, Siswa, Sopan santunAbstract
Sebagai lembaga yang mengajarkan mengenai pendidikan islam tentunya, MDA AL-IDRIS ini juga sangat menjungjung tinggi nilai sopan santun. Sikap sopan santun itu sendiri merupakan unsur penting dalam kehidupan Sehari-hari baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Karena, jika kita menerapkan sikap sopan santun maka kita akan di hargai dan disenangi dimanapun kita berada. Namun sayangnya, di MDA AL-IDRIS ini tidak sedikit siswa yang menyepelekan sikap sopan santun dalam kesehariannya. Oleh karena itu, Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji tentang pentingnya menerapkan sikap sopan santun di MDA AL-IDRIS. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode lapangan (field research). Karena dengan menggunakan metode lapangan kita dapat mengetahui lebih banyak mengenai permasalahan-permasalahan yang terjadi dan menemukan cara yang tepat untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Jika kita mengedepankan sikap sopan santun, kita dapat merasa damai karena jauh dari perselisihan dan memberikan keyakinan terhadap diri sendiri di setiap situasi serta menciptakan suasana yang baik.
References
Elihami, A. S. (n.d.). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.
Fitriani Nasihah, Imam Tabroni, D. A. (2022). TOTAL QUALITY MANAGEMENT OF CHARACTER EDUCATION IN SMA NEGERI 1 PURWAKARTA DURING COVID-19. INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM AND EDUCATION “MODERATE ISLAMIC EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT IN PLURAL SOCIETY” /. https://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/iconie/article/view/630
Komariah, C., Uwes, S., Drajat, M., & Tabroni, I. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembinaan Akhlak Anak Melalui Media Internet. Jurnal Ilmiah Edukatif, 7(1), 25–36.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Salim, F. (2015). Akhlak dalam Islam. Modern Guide.
Supardi. (2013). Kinerja Guru. PT Rajagrafindo Persada.
Tabroni, I. (2019). MODEL PENDIDIKAN ISLAM: Teknik Mendidik Anak dengan Treatment di Era 4.0. CV Cendekia Press.
Tabroni, I. (2022). CHILDREN’S CONDUCT TO BOTH PARENTS. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3 SE-Articles). https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i3.266
Tabroni, I., & Purnamasari, R. (2022). Kajian Yasinan Mingguan dalam Membina Karakter Masyarakat Pada Masa Covid-19 di Perumahan Lebak Kinasih Purwakarta. Sivitas : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.52593/svs.02.1.02
Tabroni, I., Susana, S., Mulyadi, A., & Zaelani, N. (2022). Utilization of the Discovery Learning Model to Overcome Islamic Cultural History Learning Problems in Madrasa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 5(1), 81–94. https://doi.org/10.33367/ijies.v5i1.2409
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Najwa Nurfajriah, Nursifa Faujiah, Imam Tabroni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.