Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Guru Berbasis HOTS: Meningkatkan Inovasi Pedagogis dan Hasil Belajar Siswa di Kota Jambi

Authors

  • Marvel Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi
  • Reka Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi
  • Michelle Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi
  • Sanjaya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Batanghari Jambi

Keywords:

Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS), Pendidikan Bahasa Indonesia, Pelatihan guru, Inovasi Pedagogis, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Dalam ranah pendidikan bahasa Indonesia di Kota Jambi, penelitian ini berupaya menggali potensi transformatif dari pengintegrasian Higher Order Thinking Skills (HOTS) ke dalam praktik pengajaran. Melalui pendekatan metode campuran yang mencakup umpan balik peserta, observasi kelas, dan penilaian sebelum dan sesudah, efektivitas program pelatihan berbasis HOTS dievaluasi. Penelitian bertujuan untuk menilai dampak program terhadap keterampilan mengajar guru berbasis HOTS dan implikasinya terhadap hasil belajar siswa. Temuan ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam kepercayaan diri, pengetahuan, dan kesiapan guru untuk mengintegrasikan strategi HOTS ke dalam praktik pengajaran mereka setelah program pelatihan. Observasi di kelas menunjukkan bukti adanya pertanyaan tingkat tinggi, aktivitas pemecahan masalah, dan diskusi kolaboratif di antara siswa, yang menunjukkan adanya pergeseran nyata menuju pedagogi berbasis HOTS. Selain itu, penilaian sebelum dan sesudah menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan siswa, keterampilan berpikir kritis, dan prestasi akademik, menyoroti dampak transformatif dari pengajaran berbasis HOTS terhadap hasil belajar siswa. Temuan-temuan ini membawa implikasi yang signifikan terhadap pendidikan bahasa Indonesia, termasuk pemberdayaan pendidik melalui inisiatif pengembangan profesional yang ditargetkan, peningkatan kesetaraan dan inklusivitas pendidikan, dan potensi perubahan sistemik yang lebih luas. Dengan menerapkan prinsip-prinsip pengajaran berbasis HOTS, pendidik dapat menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan berpusat pada siswa yang mempersiapkan siswa untuk sukses di abad ke-21. Melalui upaya kolaboratif dan komitmen berkelanjutan terhadap keunggulan pendidikan, penelitian ini membuka jalan menuju masa depan yang lebih cerah bagi seluruh peserta didik di Kota Jambi dan sekitarnya.

References

Adnan, A. (2020). Syarat Khusus Tambahan Guru Besar.

Amar, M. F. (2024). Peran Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pendidik Dalam Menumbuhkan Self-Efficacy. Aafiyah: Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(01), 1–13.

Anggun, R. G. (2018). Analisis Pengaruh Upah Riil Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Pengolahan Kelapa Sawit Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Pt Kalirejo Lestari Kec. Kalirejo Kab. Lampung Tengah). UIN Raden Intan Lampung.

Arifin, Z., Ulfa, S., & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan kurikulum muatan lokal karawitan sebagai upaya mengkonstruksi pengetahuan dan pelestarian budaya jawa di jenjang sma. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–132.

Baidhawy, Z. (2005). Pendidikan agama berwawasan Multikultural. Erlangga.

Chadijah, S., Suhana, A., & Wahyuni, R. S. (2023). Aspek literasi sastra dan budaya dalam diplomasi bahasa. Jurnal Bisnis, 11(1), 70–81.

David Wijaya, S. E. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusif Sekolah Dasar. Prenada Media.

Digdoyo, E. (2019). Rumah Puspo Budaya Nusantara Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Tari Nusantara. Integralistik, 30(1).

Erikha, F. (2018). Geliat aksara dan bahasa ganda dalam papan nama jalan di Indonesia. Kumpulan Makalah Seminar Dan Lokakarya Pengutamaan Bahasa Negara. Lanskap Bahasa Di Ruang Publik: Dimensi Bahasa, Sejarah, Dan Hukum, 226–238.

Farid, M. M. (2022). Pergeseran Paradigma Ujian Nasional Ke Asesmen Nasional Pada Masa Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nadim A. Makarim. Pendidikan Humanis: Penilaian Pendidikan Di Sekolah, 113.

Hamsiah, A., Wikaningtyas, R., Bunga, J., Dia, E. E., Maisaroh, S., Kurniati, Y., Sukowati, I., & Serapina, S. (2023). Pengantar Bahasa Dan Sastra Indonesia. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Irsyam, I. F. A., Meiliza, S., Ichsanurrahmah, D., Handayani, L., & Santoso, G. (2023). Memperkokoh Identitas Nasional melalui Misi Bendera Merah Putih dan Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa UMJ. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(2), 314–324.

Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., Leuwol, F. S., Januaripin, M., & Harefa, E. (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Jamrizal, H. (2022). Pembaharuan Pendidikan Madrasah Guna Menyikapi Kemajuan Global. uwais inspirasi indonesia.

Kartikasari, D. (2022). Berpikir Analisis Melalui Self Question. Penerbit P4I.

Mesra, R., & Salem, V. E. T. (2023). Pengembangan Kurikulum.

Musanna, A. (2017). Indigenisasi Pendidikan: Rasionalitas Revitalisasi Praksis Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 117–133.

Musfiqon, H. M. (2016). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.

Nurmandi, A. (2022). Manajemen perkotaan. Bumi Aksara.

Purba, O., Syamil, A., Nooraini, A., Sepriano, S., & Gunawan, A. F. (2023). Dasar Hukum & Analisis Tata Kelola Ibu Kota Negara Dari Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Putra, J. A. (2023). PEMBELAJARAN STEM TERINTEGRASI. Mafy Media Literasi Indonesia.

Rahmaniah, N., Oktaviani, A. M., Arifin, F., Maulana, G., Triana, H., Serepinah, M., Abustang, P. B., Manurung, A. S., Wafiqni, N., & Wijaya, S. (2023). Berpikir Kritis dan Kreatif: Teori dan Implementasi Praktis dalam Pembelajaran. Publica Indonesia Utama.

Rusi Rusmiati, A. (n.d.). Buku Chapter MEMBANGUN PENDIDIKAN Menuju JABAR JUARA.

Sabri, A. (2020). Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish.

Sani, R. A. (2019). Pembelajaran berbasis hots edisi revisi: higher order thinking skills (Vol. 1). Tira Smart.

Septiani, S. (2023). BAB 4 PEMBELAJARAN ABAD 21. KARAKTERISTIK PESERTA KARAKTERISTIK PESERTA, 51.

SUCI RAHAYU, S. R. (2021). Pengaruh Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Jambi Tahun 2010-2020. UNIVERSITAS BATANGHARI.

Sugiarto, F. (2023). Pengembangan Instrumen Penilaian HOTS Berbasis Literasi Geografi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Insan Cendekia Al Mujtaba Tahun Pelajaran 2022/2023 (Materi: Maritim dan Agrikultur Indonesia). UNS (Sebelas Maret University).

Syathori, A. (2023). Urgensi Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penerbit P4I.

Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). MODEL pembelajaran problem based learning (PBL) sebagai pembiasaan higher order thinking skills (HOTS) pada pembelajaran ipa di sekolah dasar. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 135–142.

Wekke, I. S. (2015). Model pembelajaran bahasa Arab. Deepublish.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Marvel, Reka, Michelle, & Sanjaya. (2024). Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Guru Berbasis HOTS: Meningkatkan Inovasi Pedagogis dan Hasil Belajar Siswa di Kota Jambi. Lebah, 17(2), 68–76. Retrieved from http://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/201