Menjajaki Solusi Kreatif Peternakan Kuda Berkelanjutan di Berastagi dan Kabupaten Karo

Authors

  • Panrio Program Studi Peternakan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia
  • Sanro Sinaga Program Studi Peternakan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia
  • Novia Maswita Program Studi Peternakan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia
  • Stefani Program Studi Peternakan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia
  • Marko Nainggolan Program Studi Peternakan, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Pembangunan Panca Budi, Indonesia

Keywords:

Penangkaran kuda, Berastagi, Kabupaten Karo, Pembangunan berkelanjutan, Solusi kreatif

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi beragam aspek peternakan kuda di Berastagi dan Kabupaten Karo, Indonesia, dengan fokus pada mengidentifikasi solusi kreatif untuk meningkatkan kompetensi peternakan. Melalui tinjauan komprehensif terhadap perspektif sejarah, literatur yang ada, dan tantangan kontemporer, studi ini menjelaskan interaksi yang rumit antara tradisi, inovasi, dan keberlanjutan dalam industri peternakan kuda. Dengan mensintesis data empiris dan mengusulkan strategi inovatif, penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi dalam pengambilan kebijakan, memandu praktik dan inovasi, memberdayakan masyarakat, mendorong kolaborasi lintas sektoral, dan mendorong pembelajaran dan adaptasi berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini melampaui wacana akademis dan mencakup narasi yang lebih luas mengenai pembangunan pertanian, pelestarian budaya, dan pengelolaan lingkungan. Ketika para pemangku kepentingan bersatu dalam komitmen mereka untuk mewujudkan masa depan yang lebih berkelanjutan dan inklusif, penelitian ini berfungsi sebagai katalis untuk perubahan transformatif dalam sektor peternakan kuda, membuka jalan bagi masa depan di mana kuda tumbuh subur, masyarakat sejahtera, dan warisan budaya bertahan untuk generasi mendatang.

References

Ali, M., Saputri, M., & Mursawal, A. (2020). Wajah Pesisir Aceh. Syiah Kuala University Press.

Ambadar, J. (2013). CSR dalam Praktik di Indonesia. Elex Media Komputindo.

Amir, S. (2014). Perilaku Politik Umat Islam di Kabupaten Karo dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara tahun 2013. Pascasarjana UIN-SU.

Anam, K. (2019). Paradigma Kesehatan Dalam Islam Di Era Mellenial. Barko Grup.

Bagir, H. (2019). Memulihkan sekolah memulihkan manusia. Noura Books.

Batoro, J. (2017). Keajaiban Bromo Tengger Semeru: Analisis Kehidupan Suku Tengger–Antropologi-Biologi di Lingkungan Bromo Tengger Semeru Jawa Timur. Universitas Brawijaya Press.

Bawono, I. R. (2019). Optimalisasi potensi desa di Indonesia. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Harlastiko, F. (2010). Hubungan sosial asosiatif pemerintah dan pedagang dalam pembangunan pasar Parang Magetan.

Harrison, L. (2016). Metodologi penelitian politik. Prenada Media.

Hastono, H. (2000). The Synchronization of Estrous in Sheep and Goats. Animal Production, 2(1).

Kurnianto, I. R. (2008). Pengembangan Ekowisata (Ecotourism) di Kawasan Waduk Cacaban Kabupaten Tegal. program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Lubis, A. R. (2020). Kompetensi guru dalam profil Mu’az Bin Jabal RA. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Lubis, F. A. (2017). Peranan Bmt Dalam Pemberdayaan Ekonomi Nasabah Di Kecamatan Berastagi-Kabanjahe Kabupaten Karo (Studi Kasus Bmt Mitra Simalem Al Karomah). HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 271–295.

Managanta, A. A., Sumardjo, D. S., & Tjitropranoto, P. (2018). Kemandirian petani dalam meningkatkan produktivitas usahatani kakao di Provinsi Sulawesi Tengah. Disertasi, Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Munthe, M. T. (2012). Wakaf tunai dalam perspektif hukum Islam (Studi implementasi di Kota Tanjungbalai Sumatera Utara). Pascasarjana UIN-SU.

Nangi, M. G., Yanti, F., & Lestari, S. A. (2019). Dasar Epidemiologi. Deepublish.

Nurwahyudi, R., & Maryono, M. (2018). IMPLEMENTASI PROGRAM DESA TANGGUH BENCANA ASPEK LINGKUNGAN HIDUP DI KABUPATEN PATI (STUDI KASUS DI DESA BABALAN KECAMATAN GABUS). School of Postgraduate.

Prawoto, N. (2012). Model pengembangan dan pemberdayaan masyarakat berbasis kemandirian untuk mewujudkan ketahanan ekonomi dan ketahanan pangan (Strategi pemberdayaan ekonomi pada masyarakat Dieng di Propinsi Jawa Tengah). Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 8(2), 121–134.

Simanjuntak, B. A., Tanjung, F., & Nasution, R. (2017). Sejarah pariwisata: menuju perkembangan pariwisata Indonesia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Sinuhaji, V. V. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Karo dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi). Universitas Medan Area.

Sitti Arwati, S. P. (2018). Pengantar Ilmu Pertanian Berkelanjutan. Penerbit Inti Mediatama.

Susilorini, T. E., & Sawitri, M. E. (2008). Budi Daya 22 Ternak Potensial. Penebar Swadaya Grup.

Thohir, A. (2019). Studi kawasan dunia Islam: Perspektif etno-linguistik dan geo-politik. PT Raja Grafindo Persada.

Utama, I. G. B. R., & Junaedi, I. W. R. (2015). Agrowisata Sebagai Pariwisata Alternatif Indonesia:: Solusi Masif Pengentasan Kemiskinan. Deepublish.

Widyanta, A. B. (2013). Sampyuh: Genealogi Konflik Industri Ekstraktif di Lanskap Masyarakat Agraris. Jurnal Pemikiran Sosiologi Volume, 2(2).

Yulianingsih, T. M. (2017). Jelajah Wisata Nusantara. Media Pressindo.

Zaelani, I. R. (2019). Peningkatan daya saing UMKM Indonesia: Tantangan dan peluang pengembangan IPTEK. Jurnal Transborders, 3(1), 15.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Panrio, Sanro Sinaga, Novia Maswita, Stefani, & Marko Nainggolan. (2024). Menjajaki Solusi Kreatif Peternakan Kuda Berkelanjutan di Berastagi dan Kabupaten Karo. Lebah, 17(2), 61–67. Retrieved from http://plus62.isha.or.id/index.php/abdimas/article/view/199